IAIN Bengkulu Resmi Memiliki 4 Prodi Umum

IAIN BENGKULU – Berbagai persiapan IAIN Bengkulu untuk menjadi UIN perlahan satu persatu mulai terwujud. Pada proses penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 ini IAIN membuka 4 Program Studi (Prodi) baru. Prodi baru dibawah naungan Fakultas Tarbiyah dan Tadris ini yaitu Prodi IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Matematika.
Kasubag Humas IAIN Bengkulu, Drs. Matsuri, M.Pd.I, mengatakan empat Prodi baru tersebut sudah dibuka dan sudah bisa diambil oleh Calon Mahasiswa Baru (Camaba) IAIN saat ini. Prodi ini dapat diikuti oleh para pendaftar mahasiswa baru IAIN pada jalur Mandiri yang sudah dibuka pendaftarannya pada 16 Juni lalu hingga 27 Juli mendatang.
“Empat Prodi tersebut resmi dimiliki IAIN berdasarkan SK Dirjend Pendidikan Islam Nomor : 3181 Tahun 2016 pada 6 Juni 2016 lalu. Keempat Prodi itu nantinya akan memperoleh gelar S.Pd, jadi bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di jalur Mandiri ini untuk dapat sesegera mungkin mendaftar, dikarenakan jalur Mandiri hanya mempunyai kuota 20 % dari 2.500 target penerimaan mahasiswa IAIN ,” kata Matsuri.
Diketahui untuk saat ini IAIN Bengkulu sudah menerima hampir 2.200 mahasiswa baru dari jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. Sehingga pada jalur Mandiri ini, IAIN hanya menyediakan sedikit tempat bagi calon mahasiswa baru.
Persiapan lainnya dalam menghadapi alih status menjadi UIN, Matsuri mengatakan IAIN akan mendirikan sejumlah Fakultas baru. Tercatat dalam waktu dekat Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) akan dipecah menjadi Dua Fakultas. Bukan hanya itu Fakultas Haji dan Umroh pun juga akan dibuka IAIN Bengkulu.
“Setelah nantinya pemecahan FUAD, dan pembentukan Fakultas Haji dan Umroh selesai, IAIN akan mengejar target pembentukan Tiga Fakultas lagi, yaitu Fakultas Sains dan teknologi, Mipa, dan fakultas Kemaritiman ” imbuh Matsuri.