2nd Annual English Camp 2016

POSTER_ENGLISH CAMP iainIAIN Bengkulu sebagai satu-satunya institut agama yang ada diprovinsi Bengkulu ikut memegang peranan penting dalam terciptanya generasi-generasi yang Islami, mandiri dan layak bersaing. Dalam hal ini, para pelajar dimasa kini dituntut dapat menguasai kemampuan berbahasa Inggris aktif dengan baik. Masalah yang seringkali timbul adalah ketika para pelajar tidak menguasai bahasa Inggris aktif dan akan menjadi salah satu titik lemah generasi muda Indonesia dalam menyongsong era globalisasi dan pasar bebas ASEAN yang segera menghampiri. Pertanyaannya adalah mengapa harus bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh hampir seluruh manusia didunia dan hal ini nantinya akan menjadi bekal yang sangat berharga bagi para pelajar dalam menghadapi era globalisasi, misalnya dalam persiapan sebelum menapaki dunia perkuliahan, pekerjaan dan lainnya. Hal ini juga dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi dan misi IAIN Bengkulu untuk menjadi world class university.

Sejalan dengan dasar pemikiran tersebut maka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu mengadakan sebuah kegiatan yang diberi nama 2nd AnnualĀ English Camp 2016 yang secara signifikan dilaksanakan sebagai upaya stimulasi dan sosialisasi IAIN Bengkulu kepada para pelajar SLTA di kawasan provinsi Bengkulu dan sekitarnya. Dan nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari (3 Malam) bertempat di bumi perkemahan IAIN Bengkulu.

M. Arif Rahman Hakim, sebagai penanggung jawab pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa peningkatan sumber daya manusia (SDM) pada zaman globalisasi seperti pada saat ini sangat dibutuhkan oleh setiap instansi, terutama bagi instansi pendidikan. Kecanggihan teknologi dan kebutuhan manusia akan bahasa Inggris untuk berkomunikasi antar penduduk yang mempunyai kewarganegaraan berbeda sungguh tak bisa dihindari. Dalam hal ini Indonesia yang berada dijalur yang sangat penting pada pasar bebas ASEAN 2015 adalah salah satu tolak ukur bagi negara-negara disekitarnya. Mengiringi hal-hal yang sudah dijelaskan diatas, sudah sepantasnya seluruh instansi yang ada di Indonesia termasuk masyarakat yang ada didalamnya harus berbenah dalam mempersiapkan persaingan dimasa kini, agar tidak hanya menjadi konsumtif dan penonton. Salah satu stimulasi dan real follow up dari isu tersebut adalah dengan kegiatan English Camp ini.

Kegiatan ini merupakan English Camp ke 2 yang telah dilaksanakan IAIN Bengkulu, dengan bekerjasama dan disponsori berbagai pihak, beberapa diantaranya adalah English Academy Bengkulu, Armina Holiday, Sawo Mateng Studio dan lain-lain. Wakil Rektor 3 IAIN Bengkulu bidang kemahasiswaan menambahkan, sudah semestinya kegiatan ini menjadi tradisi dikalangan pelajar dan mahasiswa di Indonesia dan Bengkulu pada khususnya, karena kecederungan berbahasa asing harus dibangkitkan hingga menghasilkan kualitas pelajar dan mahasiswa yang berkualitas internasioal, serta tidak kalah dengan para pelajar dan mahasiswa dari provinsi lain.

Perlu diketahui, bahwa English Camp di IAIN Bengkulu merupakan kegiatan yang di inisiasi oleh M. Arif Rahman Hakim pada tahun 2015, mengadaptasi dari kegiatan yang sama di Malaysia dan Thailand yang mana ia terlibat sebagai fasilitator kala itu, dan kegiatan ini merupakan English Camp yang pertama yang diadakan rutin setiap tahun di wilayah Sumatera. Kegiatan ini melibatkan para ahli bahasa Inggris yang sudah berpengalaman dibidangnya masing-masing baik itu ditingkat regional, nasional dan internasional, serta sebagai peserta adalah para mahasiswa beberapa universitas diBengkulu dan pelajar SLTA se provinsi Bengkulu. Kedepannya, English Camp di IAIN Bengkulu berencana memperluas daya jangkau nya dengan melibatkan mahasiswa dan pelajar dari universitas dan SLTA diluar provinsi Bengkulu, tutup Arif. (arh)