Perdalam Ilmu Mahasiswanya, IAIN Hadirkan Pimpinan Beberapa Lembaga Jasa Keuangan

 

IAIN, BENGKULU – Kegiatan Seminar mengenal OJK dan Industri Penggadaian Syariah yang diadakan oleh FEBI ( Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ) dengan tema “ Tepat caranya, berkah hasilnya” bekerjasama dengan OJK dan Penggadaian. Dibuka oleh Kepala OJK Bengkulu Yan Syafri, mengatakan Penggadaian bukan hanya tempat menggadaikan barang, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat investasi, misalnya kita bisa menyimpan emas sebagai bentuk investasi.

 

Beliau menceritakan pada zaman dahulu emas atau uang disimpan dibawa kasur dan tergolong tidak aman, sekarang banyak industri jasa keuangan seperti penggadaian yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang yang aman. Terakhir beliau berharap IAIN cepat alih status menjadi UIN. Dilanjutkan oleh dekan Fakultas Syariah menyampaikan ucapan terimakasih banyak kepada Yan Syafri selaku kepala OJK bengkulu, Busra Hardianto, Pimpinan cabang PT Penggadaian Bengkulu, Supriyadi selaku Pimpinan Cabang Penggadaian Syariah Bengkulu.

 

Lanjut dekan Febi mengatakan seminar seperti ini sangat penting untuk pengembangan ilmu, karena mahasiswa tidak cukup hanya mendengarkan teori dari dosen semata, tapi perlu mempraktekan dan mendengarkan langsung dari Narasumber  yang berkaitan dengan materi yang dipelajari seperti lembaga keuangan yang disampaikan langsung oleh OJK. Kemudian acara dilanjutkan oleh pemateri seperti Harwidi Purnomo dari OJK, Busra Hardianto Pimpinan Cabang PT. Penggadaian Bengkulu dan Supriyadi Pimpinan Cabang Penggadaian Syariah Bengkulu. Dalam pemaparan pemateri menerangkan sejarah penggadaian, jenis-jenis pinjaman dalam penggadaian syariah, syarat-syarat pinjaman dan Visi – Misi Penggadaian Syariah.

 

Acara ditutup dengan tanya jawab dan mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, terbukti banyak pertanyaan yang muncul diakhir kegiatan.