Prof. Dr. H. Sirajuddin M., M.Ag.,M.H : Saya ingin semua Mahasiswa IAIN Menjadi Penghafal Al-Qur’an

Prof. Dr. H. Sirajuddin M., M.Ag.,M.H saat menguji salah satu santri Mahad

 

IAIN, BENGKULU — Saat menghadiri kegiatan Hafalah Khotmil Qur’an yang ke IV yaitu kegiatan wisuda santri yang telah lulus menghahafal Al-Qur’an mulai dari 4 Juz sampai 15 Juz. Rektor terkesan melihat mahasantri Mahad Al-Jami’ah IAIN bengkulu saat mendengarkan mereka mebaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Rektor pun sempat menguji mereka dengan cara beliau membaca sepenggal ayat Al-Qur’an kemudian meminta mereka meneruskan, tersenyum kagum beliau melihat para santri Mahad Al-jamiah dengan lancar meneruskan Ayat AL-Quran yang dibacakan oleh Profesor.

Saat tiba waktu Rektor memberikan kata sambutan didepan para santri dan wali santri, beliau menegaskan kedepan semua mahsiswa baru akan ditempat kan di mahad sebagai tempat tinggal mereka, sehingga target mahasiswa IAIN bisa menjadi penghafal Al-Qur’an dapat tercapai. Dan sebenarnya ini adalah keinginan beliau sejak lama, salah satu cara agar semua mahasiswa IAIN Bengkulu dapat menjadi penghafal Al-Qur’an yaitu dengan cara semua mahasiswa baru IAN nanti harus tinggal di Asrama Mahad Al-jami’ah sehingga dapat lebih mudah membina mereka setiap saat.

Tapi berhubung ma’had al-jami’ah tidak dapat menampung mahasiswa baru yang mencapai 2000 an, sehingga sebagian mereka saja yang lulus seleksi yang dapat bertempat tinggal di Ma’had Al-Jami’ah. Saat ditanya apa strategi kedepan IAIN sehingga semua mahasiswa baru dapat tinggal di ma’had, beliau mengatakan, nanti ketika semua persyaratan untuk mengambil alih STQ menjadi milik IAIN sudah terpenuhi maka salah satu gedung tersebut akan kita pakai untuk Asrama Ma’had Al- Jam’iah sehingga semua mahsiswa baru IAIN Bengkulu kedepan dapat tinggal di asrama Mahad.

Kegiatan hafalah Khotmil Qur’an ini adalah tahun ke-empat, setiap tahun mereka mewisudakan paling sedikit 50 mahasantri, dengan rata 15 juz berhasil mereka hafal. Mahad Al-jamiah adalah salah satu Unit Lembaga IAIN bengkulu yang telah banyak melahirkan mahasiswa berprestasi dalam segala bentuk kompetisi, diantaranya juara1 MHQ antar mahasiswa se-sumatera, jawa dan sulawesi dan mendapatkan penghargaan dari menteri Agama. Juara 1 MHQ Gol 5 Juz , MTQ tingkat Provinsi dan Kota, serta banyak lagi prestasi yang sudah mahasantri capai.


Penulis : Iwa Ardaliwa   Editor: Iwa Ardaliwa