Konferensi Nasional Komunikasi Islam (KNKI): Mahasiswa KPI dapat penghargaan Pemakalah Terbaik 1 tingkat Nasional

 

Jakarta ( IAIN Bengkulu) – Mahasiswa KPI IAIN Bengkulu mulai bergeliat dikompetisi tingkat Nasional, Rohmad Fadli mahasiswa Jurusan KPI IAIN Bengkulu meraih penghargaan Pemakalah terbaik nomor 1 tingkat Nasional, Kompetisi membuat makalah dengan tema Komunikasi Islam dan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (ASKOPIS) dari tanggal 14-15 November 2017 diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta Nasional. Penilaian sendiri dilakukan oleh Panitia ASKOPIS dan dari Tenaga Profesional yang dipilih oleh Askopis. Penilaian sendiri meliputi keaslian tulisan yaitu memang berasal dari tulisan sendiri, Kesesuaian judul dengan tema, topik dan isi karya tulis serta aktualitas topik dan fokus analisis yang dipilih. Penghargaan diberikan langsung oleh ketua umum ASKOPIS Zamr oni, S.Sos, M.Si saat berlangsung acara Konfrensi Nasional Komunikasi Islam (KNKI) di Hotel Sofyan Betawi-Cikini Jakarta Pusat. Penghargaan diberikan langsung kepada Rohmad Fadli. Menurut Rohmad Fadli atau biasa disapa Fadli ini, menuturkan kebanggaannya bisa mengharumkan nama IAIN Bengkulu khususnya Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dikanca Nasional. “ saya bangga sekaligus terharu atau dukungan yang diberikan oleh temen-temen Prodi KPI, dan juga kepada Kepala Prodi KPI yaitu  ibu Rini Fitria, S.Ag.,M.Si yang telah membina saya selama ini, mudah-mudahan temen-teman KPI bisa lebih bnyak mendapatkan penghargaan seperti ini ditingkat Nasional”pungkasnya.

Pemberian penghargaan ini sekaligus menghadiri Konferensi Nasional Komunikasi Islam (KNKI) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (ASKOPIS), pada tanggal 14-15 November 2017 bertempat di Hotel Sofyan Betawi-Cikini Jakarta Pusat. Dengan tema Komunikasi Islam dan Daya Tahan Kemandirian Bangsa: perspektif Komunikasi, keIndonesiaan dan KeIslaman. Tujuan dilaksanakannya KNKI sendiri yaitu memaparkan dan membahas berbagai tantangan revitalisasi komunikasi islam dalam menumbuhkan potensi budaya, pariwisats, ketenagakerjaan dan kepemudaan menuju kemandirian beragama, berbangsa dan bèrnegara yang diharapkan dapat memberikan kontribusi pembangunan khususnya bidang komunikasi islam yang terintegrasi dengan budaya, pariwisata, ketenagakerjaan dan kepemudaan.

Konferensi Nasional  Komunikasi Islam di hadiri oleh seluruh Dekan dan Ka.Prodi KPI PTIN dan PTS di Indonesia. IAIN Bengkulu di wakili oleh Ka. Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam ibu Rini Fitria, S.Ag.,M.Si.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan MoU Askopis dengan Prodi KPI IAIN Bengkulu yang dilakukan oleh Ketua Askopis Zamr oni, S.Sos, M.Si (ketua Umum Askopis) dan Rini Fitria, S.Ag.,M.Si (Ka. Prodi KPI IAIN Bengkulu) yang disaksikan oleh Dr. Gun Gun Heryanto(Dewan Pakar Askopis)

Askopis adalah Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Dalam penandatanganan MoU askopis dengan seluruh prodi KPI di lingkungan PTKIN/PTS, Zamroni, M.Si mengatakan untuk mengintegrasikan Askopis dengan KPI se Indonesia perlu di lakukan MoU yang akan dapat mensinergikan program kerja Askopis dengan prodi KPI. MoU yang dilakaksnakan adalah; 1. Kegiatan seminar/workshop/lokakarya dan sejenisnya. 2. PPL, KKL,Magang Profesi bagi mahasiswa KPI. 3.penelitian dosen dan mahasiswa KPI 4. Pengembangan kurikul7m prodi KPI berbasis KKNI 5. Pendampingan/supervisi akreditasi BANPT bagi program studi oleh asesor dari pihak Askopis.

————————————————————————————————————————————————————————————————–

Laporan : Iwa Ardaliwa  Penulis : Rini Fitria, S.Ag.,M.Si, Iwa Ardaliwa  Editor : Iwa Ardaliwa