Peringati Maulid Nabi : Himpunan Mahasiswa Jurusan Dakwah dituntut Membuat Perubahan Besar

 

IAIN, BENGKULU – Kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan Dakwah untuk mempringati  acara  Maulid Nabi Muhammad SAW dan tasyajuran HMJ Dakwah digedung D7 Fakultas Ushuluddin Adan dan Dakwah pada hari Sabtu, 2 Desember 2017 kemarin.

Ketua HMJ, Ihzan mengatakan dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW kita kembali meneladani perilaku Rasulullah dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, Ihzan juga meminta kepada mahasiswa Fakultas ushuluddin adab dan dakwah untuk  menghidupkan kembali Ruh Jurusan Dakwah yang selama ini mati suri.

Begitu juga yang dikatakn ketua Jurusan Dakwah bapak Rahmat Ramdhani. M.Sos.I, mengajak seluruh mahasiswa untuk bersemangat bersinergy dalam memajukan Fakultas Ushuluddin adab dan dakwah. Dalam paparannya didepan mahasiswa yang hadir, menyampaikan perlunya membuat perubahan besar dan terus berinovasi demi tercapainya kemajuan Lembaga dan Fakultas, beliau juga mebekankan empat hal kepada mahasiwa, berikut adalah empat hal yang disampaikan oleh ketua HMJ  Dakwah Bapak Rahmat Ramdhani. M.Sos.I

“Kita adalah satu kesatuan yang perlu di bangun:

  1. Membangun kebersamaan, artinya semua program studi yang ada di jurusan dakwah Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)I, Bimbingan Konseling Islam (BKI), dan Manajemen Dakwah (MD) harus bisa sama sama membangun dan memberikan yang terbaik bagi jurusan dakwah bagi jurusan dakwah.
  2. Semangat berkorban. Mari berlomba lomba mengerjakan kebaikan, paling tidak akan mengorbankan waktu, tenaga, pemikiran dan uang.
  3. Jangan egois: karena kita satu wadah HMJ. Maka jangan memgatakan jika tidk ada saya maka tidak akan terjadi kebersamaan
  4. Mewujudkan kerendahan hati: seorang ketua HMJ dan HMPS harus bisa merendahkan hati agar bisa terlaksana semua program kegiatan yang ada.

Ditambahkan beliau  Kepala jurusan dan Kepala Prodi juga harus pro aktif dan saling menguatkan bersama HMJ Dakwah dan HMPS yang ada di jurusan Dakwah. “Mari kita sama sama solid dalam menjalankan amanah” tegasnya.

Ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW di sampaikan oleh H. Jonsi Hunadar, M.Ag. Dalam peringatan ini mengajak untuk bersyukur kepada Allah, Karena dengan bersyukur maka Allah akan tambahkan nikmatnya. Sebagaimana firman Allah SWT, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka pasti Aku akan menambah (nikmat) kepadamu,” (QS. Ibrahim: 7)

Beberapa hal yang yang menjadi pokok tema dalam kegiatan mempringati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW kemarin adalah, Dakwah Rasul menuju masyarakat Madani, Nabi berada dalam lingkungan mulia dan sederhana, dimulai dengan akhlak mulia dari awal kehidupan,

Dimasa kelahirannya Nabi Muhammad SAW dengan berbagai peristiwa diantaranya, penyerangan raja Abrahah yang ingin menghancurkan Ka’bah, Nabi dari kecil sudah di menjadi Yatim Piatu, sebelum lahir sudah ayahnya sudah meninggal dan masih kecil ibunyapun meninggal.

Kegiatan diakhiri dengan photo bersama, serta diskusi antar mahasiswa untuk membahas program-program kedepan demi tercapaiya kemajuan FUAD dan IAIN Bengkulu kedepan.

 


Laporan : Iwa Ardaliwa, Bunda Rini      Editor: Iwa Ardaliwa