PIAUD EXPO : Terobosan PIAUD, Gandeng OJK dan Bursa ajarkan Mahasiswa PIAUD Menabung Saham

 

 

IAIN, BENGKULU – Kegiatan PIAUD Expo kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya, kegiatan kali ini mengangkat tema “ Edukasi nabung saham bagi mahasiswa, Guru dan orang tua murid” . Kegiatan yang diselenggarakan hari ini 11 Desember 2017 di Auditorium tidak lagi mengundang anak-anak PAUD, tapi lebih menekankan kepada tanaga pendidiknya yaitu Guru. Dengan menggandeng pihak OJK dan juga Bursa serta FAC Securitas  Mahasiswa PIAUD, Guru PAUD dan orang tua murid diajarkan bagaimana cara menabung saham, sehingga nanti mereka dapat mengaplikasikan kepada murid mereka yang masih usia dini, penekanan menabung saham sejak usia dini adalah cara ampuh untuk mensosialisasikan menabung saham.

Menurut Fatrica, M.Pd.I Kaprodi PIAUD serta penanggung jawab kegiatan alasan utama pentingnya menabung saham karena sudah saatnya Guru PIAUD mengetahui apa itu menabung saham dan sudah saatnya juga murid-murid PAUD diajarkan bagaimana cara menabung saham, uang yang mereka gunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat dapat disimpan dalam bentuk investasi.  Dapat dibayangkan nilai saham mereka ketika sejak dini mereka sudah memulai menabung saham Karena sifatnya yang terus mengikuti inflasi, jadi bisa diperkirakan bahwa semakin lama mereka  menanam modal, kemungkinan besar semakin tinggi nilai sahamnya. Bisa dibayangkan keuntungan yang mereka  peroleh jika semakin lama menyimpan, dan tentunya akan berguna bagi masa depan mereka. Ditambahkan fatrica, saat ini kepemilikan saham di pasar modal di Bursa Efek Indonesia saat ini masih didominasi oleh investor asing. Persentase investor asing dengan investor domestik di Bursa Efek Indonesia (BEI) berbanding 60% dan 40%.

Dalam hal ini berarti boleh dikatakan mayoritas saham dan perekonomian di Indonesia dikuasai oleh asing, dimana bila asing secara serentak menarik dananya, maka perekonomian Indonesia bisa collapse. Sangat ironis bila sektor-sektor vital di Indonesia dimiliki oleh investor asing. Dengan turut membeli saham di perusahaan yang bergerak di sektor vital, kita turut menjadi masyarakat Indonesia yang mengambil bagian dalam sektor vital tersebut, yang berarti kita turut memajukan perekonomian di Indonesia secara tidak langsung.

Maka dari itu dalam kesempatan PIAUD Expo ini, Panitia mengundang OJK, Bursa serta FAC Securitas dalam kegiatan seminar untuk mengedukasi para calon guru PAUD yaitu mahasiswa PIAUD IAIN Bengkulu serta Guru PAUD sekota bengkulu untuk bersama-sama mempelajari dan memahami apa itu menabung saham. Terobosan baru ini berhasil digagas oleh Kaprodi PIAUD IAIN Bengkulu, Fatrica, M.Pd.I yang telah beberapa tahun memimpin Prodi PIAUD. Dalam kegiatan edukasi yang dikemas dalam seminar ini, tak tanggung-tanggung langsung mengundang Kepala OJK Bengkulu yaitu Yan Safri.

Menurut dekan Tarbiyah Dr. Zubaedi, M.Pd, sangat apresiasi dengan kegiatan PIAUD Expo kali ini, selain berbeda, kegiatan seminar kali ini menambah ilmu baru bagi calon tenaga pendidik anak usia dini, ilmu baru inipun sangat bermanfaat bagi anak usia dini yang nanti mereka ajarkan ketika nanti mereka jadi guru PIAUD dan juga bermanfaat bagi mereka pribadi. Menambung saham acara cara yang ampuh untuk memajukan negara ini dari sisi kemajuan ekonomi. “ saya sangat apresiasi dengan kegiatan expo kali ini yang mengangkat tema “ Edukasi nabung saham bagi mahasiswa, Guru dan orang tua murid” karena dengan mendidik mereka sejak usia dini akan lebih mudah penerapan kedepan, sehingga dari sisi ekonomi negara ini akan cepat berkembang” tutur Dekan Fakultas Tarbiyah dan Tadris ini. Kegiatan PIAUD Expo ini diselenggrakan selama 3 hari,  dan di isi dengan berbagai perlombaan untuk semu  kalangan mahasiswa dan umum.


Laporan : Iwa Ardaliwa             Editor: iwa Ardaliwa