Antisipasi Berita Hoax, RRI Gelar Dialog Interaktif goes to Campus di IAIN Bengkulu

 

IAIN, BENGKULU – Kegiatan Dialog Interaktif Goes to Campus yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia ( RRI ) dengan tema “ Antisipasi berita Hoax di Media Sosial”. Kegiatan yang diselenggarakan hari ini 12 November 2017 digedung Pelatihan IAIN Bengkulu. Sebagai pemateri Guse Finalti yaitu Pakar IT dan Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M., M.Ag.,M.H. Kegiatan yang dimulai dari pukul 10.00 WIB dan disiarkan langsung oleh Radio Pro2 RRI dan Elbas FM, yang dihadiri oleh mahasiswa IAIN Bengkulu.

Kegiatan membahas sosial media yang sering dimanfaatkan sebagai penyebar  berita hoax. Kerapnya penyebaran berita Hoax dimedia sosial yang berdampak buruk pada kehidupan sosial masyarakat membuat banyak kelompok masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan anti hoax. IAIN Bengkulu kali ini mendapat giliran sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Anti Hoax yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia.

Saat berbicara didepan mahasiswa Rektor IAIN Bengkulu memaparkan bahwa penyebaran Berita Hoax dimedia sosial sudah sangat memprihatinkan sehingga perlunya perhatian khusus baik kita selaku pengguna maupun lembaga terkait untuk pengawasan aktivitas masyarakat di sosial media. Rektor mencontohkan sekelompok orang sengaja membuat berita provokatif yang dikemas semenarik mungkin agar orang penasaran ingin membaca berita hoax yang mereka sebarkan, tentunya ada banyak kepentingan terkait berita yang mereka sebarkan, misalnya dibayar oleh oarang yang memiliki kepentingan, misalnya menjatuhkan nama baik seseorang dan banyak lagi kepentingan-kepentingan lainnya. Rektor meminta kalangan mahasiswa untuk selalu waspada dan harus benar-benar selektif dalam memilih sumber berita sehingga tak terjebak dengan berita hoax yang menyesatkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab antara mahasiswa dan pemateri, antusias mahasiswa terlihat dari banyaknya pertanyaan terkait cara membedakan mana berita hoax dan mana berita yang benar.