Prodi Bahasa Arab adakan Kegiatan Hari Besar Bahasa Arab Sedunia

 

IAIN, BENGKULU— Kegiatan Peringatan  Hari Bahasa Arab Sedunia Mahasiswa PBA dan BSA  IAIN Bengkulu dengan Tema Gebyar Pesona Bahasa Arab yang dilaksanakan di Gedung Auditorium IAIN Bengkulu 15 Desember 2017 kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati hari besar bahasa arab yaitu jatuh pada tanggal 18 Desember, kegiatan ini dihadiri ini oleh Dekan, Wakil Diretur Pasca Sarjana,  Kepala Prodi dan seluruh mahasiswa prodi Bahasa Arab.

Dalam kata sambutannya  Kepala prodi Bahasa Arab  mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini, karena dapat meningkatkan kemampuan Berbahasa Arab, Beliau juga berharap jangan sampai Mahasiswa PBA tidak memiliki kemampuan Bahasa Arab, harapan dengan adanya kegiatan ini  Mahasiswa PBA termotivasi melaksanakan Kegiatan dengan kreativitas.

Ditambah oleh  wakil Direktur Pasca Sarjanah sekaligus membuka acara  Dr H Zulkarnain, M.Ag mengatakan agar prodi Bahasa Arab bisa melakukan kerjasama misalnya berkerjasama dengan Prodi Haji dan Umroh, agar dapat menambah kemampuan  lanjut beliau mengatakan bahwa kegiatan seperti ini dapat sekaligus mensosialisasikan prodi bahasa arab yang saat ini kurangnya peminat dari mahasiswa yang masuk kedua prodi ini dengan banyaknya program kegiatan yang dilakukan oleh Prodi Bahasa Arab maka PBA akan semangkin dikenal oleh masyarakat dan dengan bentuk kegiatan-kegiatan seperti ini prodi bahasa arab dan sastra arab ini bisa menjadi besar.

Banyak manfaatnya mengambil  prodi bahasa arab ini, karena bahasa arab ini adalah bahasa Al-Qur’an. Bahasa arab ini termasuk dari lima bahasa dunia, dengan mengahadapi globalisasi ini bahasa arab tidak dianggap mudah, kadang untuk menjalin kerjasama perlu pandai berbahasa Arab. Ini lah yanng membuat pentingnya masuk keprodi bahasa arab. Di IAIN sendiri  ada prodi baru yaitu prodi haji dan umroh, Prodi tersebut memerlukan bahasa arab, ini kesempatan untuk mencari peluang kerja dan untuk mengembangkan bisnis-bisnis usaha dibidang keprodian bahasa arab ini. Jadi jangan dilihat prodi bahasa arab itu sebagai bahasa arab saja, karena kalau dilakukan dengan baik maka banyak peluangnya.” Kegiatan ini adalah kegiatan paling bagus yaitu bagaiman mensosialisasikan prodi bahasa arab ini , yang sekarang ini seperti yang disampaikan oleh ketua prodi ada kurang peminatnya dari mahasiswa yang memasuki dua prodi ini, padahal pendidikan bahasa arab sangat penting bagi kehidupan kita”terangnya.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai perlombaan, yaitu kaligrafi, pidato bahasa arab, tahfiz, dan berbagai perlombaan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dan diakhiri dengan melakukan kegiatan pawai di simpang lima ratu samban kota Bengkulu.


Laporan : Yopa Puspitasari                                Editor: Iwa Ardaliwa