Pentas Seni PAI : Tampilkan Berbagai Kesenian Daerah dan Kreatifitas Mahasiswa

 

IAIN, BENGKULU — Kegiatan Pagelaran Seni Sanggar Asy-saya PAI dan Pelantikan H MPS-PAI dengan Tema “Kita Ciptakan Solidaritas Tanpa Batas dengan mencintai Kesenian dan Kebudayaan”. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Auditorium IAIN BENGKULU selasa 19 Desember 2017. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Bengkulu dihadiri oleh Dekan FTT Dr. Zubaedi, M.Pd , Kepala Jurusan PAI, Kepala Prodi PAI, Wadek FTT, serta dosen dan mahasiswa Prodi PAI.

Menurut Dekan Fakultas Tarbiyah dan Tadris mengungkapkan dalam kata sambutannya Apresiasi terhadap kegiatan seperti ini karena dapat mengembangkan kreatifitas mahasiswa dan dapat menumbuh kembangkan keterampilan, karena hard dan soft skill guru harus seimbang karena menjadi seorang guru juga membutuhkan Kreatifitas seni  atau prestasi  Non Akadmik.

Ditambahkan oleh Kepala Prodi PAI Adi Saputra, M.Ag  banyak mahasiswa  yang memiliki  potensi  yang dapat dikembangkan, diantaranya menari, memainkan musik seperti Doll, pentas drama, silat, meyanyi dan lain-lain, tapi memang syangnya belum ada fasilitas dan alokasi dana kusus  untuk mendukung potensi yang mereka miliki, dengan adanya potensi yg banyak harusnya diakomodir seperti kegiatan ini. Beliau juga berharap  setiap mahasiswa yg memiliki skill atau keterampilan difasilitasi dan diwadahi serta dibina oleh pihak kampus, jika tidak diwadahi takutny potensi bakat mereka akan terpendam atau dimanfaatkan oleh pihak lain.” Dengan kita mewadahi, dapat mengembangkan bakat mereka, sehingga potensi yang mereka miliki tidak sia-sia dan jangan hanya memikirkan nilai akademik, tapi prestasi non-akademik juga harus tetap difikirkan”. terangnya

Mahasiswa prosi PAI memiliki banyak prestasi baik akademik maupun non akademik, sehingga kegiatan seperti ini perlu untuk dilakukan, tujuannya menambah semangat mereka untuk selalu melatih bakat dan kreatifitas mahasiswa. Sebuah kompetisi untuk mencapai kemenangan walau hadiah yang ditawarkan tidak seberapa, tetapi dengan penyelenggaraan kegiatan seperti ini membuat mereka merasa ada wadah untuk bakat dan kreatifitas yang merea miliki. Sebagai penyelenggara yaitu sanggar Asy-Syauqi PAI. Kegiatan ini menampilkan berbagai kesenian, diantaranya tarian khas kreasi,tilawah, akustik, tari kreasi,  doll, solo song, nasyid,  musik, puisi musikal dan pentas drama.


Laporan : Iwa Ardaliwa                       Editor: Iwa Ardaliwa