IAIN Bengkulu Gelar Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag

 

IAIN, BENGKULU — IAIN Bengkulu menggelar Upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama RI yang jatuh pada setiap tanggal 3 Januari. Kegiatan tersebut dilaksanakn didepan Rektorat IAIN Bengkulu Rabu 3 Januari 2018.  Hadir dalam upacar tersebut adalah seluruh Civitas Akademika IAIN Bengkulu.

Adapun kata sambutan pembina upacara yaitu Rektor IAIN Bengkulu Prof Dr.H Sirajudin M.M.Ag. MH, Mengatakan hari ini adalah pringatan kementerian Agama resmi berdiri sebagai bagian dari perangkat bernegara dan pemerintahan  yaitu  pada tanggal 3 Januari 1946  beliau mengatakan pada hari itu Indonesia  pertama kali memiliki Kementrian dibidang Agama. Beliau mengucapakan selamat hari Amal Bakti Kementrian Agama yang ke-73 dan semoga amal bakti kita selalu mendapat ridho Allah.  Dalam menghadapai perkembangan zaman yang moderen  kita harus bisa beradaptasi dan harus giat berinovasi agar lembaga kita terasa kekinian dengan melakukan pelayanan secara digital kesemua daerah dan harus terintegritas dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Ditambahkannya, dalam upacara pada hari ini mengambil Tema Tebarkan Kedamaian, tema ini dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan  menembarkan kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal seluruh agama kepada umat manusia dan kedamaian akan membawah kebahagian bagi semua umat , kedamaian sebagai  jalan menuju kesejateraan dan pintu maslalah bersama.

Saat diwawancara rektor mengatakan upacara ini digelar rutin setiap tahunnya disetiap jajaran kementrian agama, dan rektor berharap pelaksana dilingkungan kementrian agama harusnya menjadi teladan, pelopor dan idelanya dalah penebar kedamaian bagi seluruh umat beragama

“ Kegiatan  ini sebagai rutinitas setiap tahun yang dilaksankan jajaran Kementerian Agama,kita sebagai pelaksana Kementrian Agama harus menjadi teladan, menjadi pelopor, dan idealnya kita adalah penebar  kedamaian karena fungsi Agama seperti itu, dan amanah dalam rangka untuk memperkuat posisi Negara yang bukan negara sekuler karena didalamnya ada lembaga keagamaan yang mengurus Rakyat”, terang Prof Dr H, Sirajudin, M, M.Ag,MH  saat diwawancara

Dalam kegiatan upacara tersebut seluruh civitas akademika IAIN Bengkulu menyebutkan 5 budaya kementrian Agama dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Rektor juga mengapresiasi petugas pengibar bendera yang dalam setiap tugasnya nyaris tanpa cacat.

Acara ini ditutup dengan melakukan Do’a bersma dan akan dilanjutkan dengan berbagai perlombaan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 3-5 januari 2018.

 

Penulis : Yopa Puspitasari           Editor: Iwa Ardaliwa