PERSAMI FTT “Bersama Persami Kita Menuju Pribadi yang Mandiri”

 

IAIN BENGKULU – Gerakan Pramuka IAIN Bengkulu menyelenggarakan Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) Fakultas Tarbiah dan Tadris, dengan mengangkat tema “Bersama Persami Kita Menuju Pribadi yang Mandiri”. Kegiatan dibuka langsung oleh wakil dekan I Fakultas Tarbiah dan Tadris (FTT) IAIN Bengkulu yakni Dr. Irwan Satria, M.Pd., didampingi oleh Sri Ihsan, M.Pd.I selaku pembina Pramuka IAIN Bengkulu dan dihadiri oleh para senior serta seluruh UKM yang ada di IAIN Bengkulu, dimana kegiatan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan IAIN Bengkulu. Sabtu (13/1)

Persami yang merupakan kelanjutan materi matakuliah kepramukaan, dimana sebelumnya para peserta yang mengikuti kegiatan ini telah diberikan teori berupa materi tentang tali menali, morse, smapur dan kegiatan lain yang berkaitan dengan kepramukaan.

“Kependidikan kepramukaan sebelumnya diberikan secara teori di perkuliahan, dalam kegiatan persami ini mahasiswa dapat mempraktekkan teori yang telah didapat. Dengan harapan dalam pemberian materi dan juga praktek yang berkaitan dengan kepramukaan, mahasiswa dapat memiliki jiwa kepemimpinan yang baik”. Ujar Sri Ihsan, M. Pd.I selaku pembina Gerakan Pramuka IAIN Bengkulu.

Kegiatan yang bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian kepemudaan, melalui gerakan pramuka diharapkan mahasiswa IAIN Bengkulu dapat menjawab permasalah-permasalah yang timbul dari masyarakat. Sehingga mahasiswa dapat berperan aktif dalam lingkungan dimana mereka tinggal.

Selain itu menurut wakil dekan I FTT sekaligus yang membuka kegiatan persami ini mengungkapkan “Materi kepramukaan kita adakan dengan beban 3 SKS, untuk mengisi kognitif bagi para peserta serta psikomotoriknya berupa keahlian dimana para peserta mendapat keahlian dan dapat mempraktekkannya di lapangan”. Terang Dr. Irwan Satria. M.Pd., saat ditemui setelah kegiatan Pembukaan.

Beliau menambahkan dalam kegiatan seperti ini berharap para peserta tidak hanya bisa dalam materi tetapi juga dapat untuk mempraktekkannya secara profesionalisme dalam bidang kepramukaan, serta memiliki karakteristik dan kepribadian seperti kedisiplinan, tanggungjawab, kepedulian, cinta damai dan karakter lainnya sesuai dengan etika dan norma yang ada.

Peserta dengan jumlah 274 merupakan mahasiswa dari semester lima dan semester tujuh yang mengambil matakuliah kepramukaan. Dimana kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 13-14 Januari 2018 nantinya akan mengelompokkan para peserta menjadi beberapa kelompok.

“Kegiatan Persami FTT diikuti oleh 274 mahasiswa yang terdiri dari 28 putra dan 246 putri, dimana dalam kegiatan akan dibagi menjadi 32 kelompok dan menghasilkan 6 kelompok putra serta 246 kelompok putri”. Ungkap Liani Puji Lestari selaku ketua panitia kegiatan.

Ditambahkannya rangkaian kegiatan persami mulai dari pembukaan, evaluasi materi kepramukaan yang telah didapat diperkuliahan, malam api unggun dan dilanjutkan keesokan hari dengan haking serta penutupan kegiatan.

 

————————————————————————————————————————————————————

Jurnalis: Yopa Puspitasari                Penulis: Rohmad Fadli             Redaktur: Iwa Ardaliwa

 

#iainbengkulu #humasiainbengkulu #KEMENAGRI #Kemenagbengkulu