HMJ Dakwah Adakan Seminar dan Pelatihan Da’i/Da’iah Se-Provinsi

IAIN BENGKULU — Fakultas Ushuluddin,  Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu mengadakan Seminar Nasional dan Pelatihan Da’i dan Da’iyah mengangkat tema “Pemuda Akhir Zaman,  Generasi Zaman Now”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Dakwah Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) yang tergabung dalam Forum Pemuda Cinta Dakwah (FPCD). Seminar dilaksanakan di Gedung Auditorium IAIN Bengkulu. Jum’at (6/4).

Seminar diikuti sebanyak 160 orang mahasiswa dan 40 siswa dari  SMA se-Provinsi Bengkulu, yang salah satu cara dalam mengkaderisasi generasi muda dalam menciptakan pendakwah pendakwah handal dimasa depan. Selain itu  kegiatan ini juga sebagai bentuk mengasah keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan dakwah agar menambah pengetahuan dalam ilmu dakwah sebagai praktek dilapangan.

Menurut Dr. Murkilim, M.Ag selaku Wakil Dekan III FUAD menyampaikan seorang muslim harus memiliki dasar yang kokoh, maka sekuat apapun cobaan atau terpaan badai kehidupan dari manapun masih akan tetap kokoh karena telah memiliki dasar yang kuat. Dimana pemuda adalah generasi penerus bangsa yang akan menahkodai bangsa kedepan seperti pepatah mengatakan “Pemuda harini ini, Pemimpin masa depan”.

“Saat ini banyak sekali pengikisan aqidah dari pemuda, maka dari itu generasi muslim dan muslimah agar untuk memperkokoh pondasi aqidah dari sekarang”. Ujar Wakil Dekan III FUAD Dr. Murkilim, M.Ag., saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara.

Beliau menambahkan dengan kegiatan inilah salah satu cara untuk memperkuat pondasi generasi muslim agar kelak dapat menhadapi kemajuan-kemajuan dunia yang semakin hari semakin banyak cobaan bagi pemuda muslim. Apabila seorang pemuda sudah mempersiapkan diri untuk menata pondasi tersebut maka masa depan cerah insyallah akan di dapat.

Sebagai pemateri Seminar ini yaitu Ustadz Hery Putra, S. Sos. I.  serta Ustadz Ahamd Farhan, M.Si yang merupakan Dosen IAIN Bengkulu dan Da’i kondang Provinsi Bengkulu. Selain Seminar Nasional kegiatan ini  dilanjutka Pelatihan Da’i dan Da’iah serta perlombaan ceramah dan lomba puisi islamibagi peserta yang berasal dari siswa SLTA-Sederajat.

Salah satu peserta Yusuf Suhendra menyampaikan “Kegiatan ini sangat bermanfaat terlebih lagi pemuda zaman sekarang kebanyakan banyak yang melalaikan ajaran Islam, maka dari itu kegiatan ini berguna bagi pemuda”.

IMG_6305

Sambutan: Ketua Panitia Mukhlisin saat menyampaikan laporan kegiatan.

IMG_6326

Materi : Salah satu pemateri Pelatihan Da’i Wira Hadikusuma, M.Pd saat menyampaikan materi.