Bakti Sosial Tadris Bahasa Indonesia IAIN Bengkulu

IAIN Bengkulu – Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Tadris (FTT) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu mengadakan Bakti Sosial dengan mengangkat tema “Satukan Langkah Kecil Untuk Indah dan Hangatnya Berbagi”. Bakti Sosial dilaksanakan di Desa Bukit Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Sebanyak 30 mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia dilepas langsung oleh Eva Dewi, M.Ag., selaku Ketua Jurusan Pendidikan  Bahasa dan didampingin Heny Friantary M.Pd., selaku Ketua Prodi Tadris Bahasa Indonesia di halaman Gedung FTT IAIN Bengkulu. Minggu (9/4).

Bakti Sosial diadakan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi Tadris Bahasa Indonesia dan dibimbing oleh Ixir Eliya M.Pd. dan Ibu Nila Wati M.Pd. kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan emosial kepada lingkungan dan masyarakat. Bentuk kegiatan bakti sosial yakni berupa penyerahan bantuan kepada masyarakat Desa Bukit Kecamatan Talang Empang Bengkulu Tengah. Selain itu, mahasiswa yang terdiri dari semester dua dan empat ini akan melakukan kebersihan di Masjid yang berada didesa tersebut serta tempat wisata desa Bukit yakni Air Terjun agar masyarakat dan pengunjung dapat menjaga kebersihat tempat wisata di desanya.

“Bakti sosial ini dilakukan agar mahasiswa tidak hanya memiliki kemampuan secara intelektual saja namun juga harus meningkakan kemampuan secara emosional berupa pengabdian kepada masyarakat seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia”, terang Eva Dewi, M.Ag., selaku Ketua Jurusan Pendidikan dan Bahasa FTT saat ditemui usai melepas kegiatan bakti sosial.

IMG_1433

Arahan : Ketua Jurusan Pendidikan  Bahasa Eva Dewi, M.Ag., dan Ketua Prodi Tadris Bahasa Indonesia Heny Friantary M.Pd., saat menyampaikan arahan sebelum melepas mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia untuk Bakti Sosial. Minggu (9/4).

Beliau berharap dalam tambahannya mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia dapat meningkatkan solidaritas antar sesama mahasiswa dan masyarakat dilingkungan mereka. Agar sikap emosional dan kepekaan terhadap orang-orang disekitar dapat terbangun serta meningkatkan rasa cinta kepada lingkungan.

“Mahasiswa dapat aktif dalam kegiatan sosial dan kedepannya agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan menjadi contoh bagi mahasiswa lain”. Ujar Koordinator lapangan bakti sosial Harzoni.

Mahasiswa semester 4 tersebut menambahkan semoga kegiatan ini berjalan lancar demi menambah kemampuan mahasiswa. Selain kegiatan bakti sosial serta kebersihan Masjid dan tempat wisata kegiatan ini juga ajang mempromosikan IAIN Bengkulu khususnya prodi Tadris Bahasa Indonesia agar dapat dikenal oleh masyarakat luas.

gabungan bakti sosial

(Humas IAIN Bengkulu)