IAIN Bengkulu Siap Dukung Pencegahan Terorisme

IAIN BENGKULU – Setelah Upacara kegiatan selanjutnya yakni Kuliah Umum yang diisi langsung Komisari Jendral Polisi Drs. Suardi Alius, MH Selaku Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indoensia (BNPT RI) dan menjadi moderator pada kegiatan tersebut yakni Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH., selaku Rektor IAIN Bengkulu. Pada saat yang bersamaan juga diadakan Workshop Pembuatan Film Pendek dan pada tahun 2018 tema yang diangkat yakni “Menjadi Indonesia”. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Djamaan Nur IAIN Bengkulu. Rabu (11/4).
Upacara ini juga sebagai ditandainya pembukaan lomba video pendek yang akan digelar di Bengkulu. Hal tersebut menjadi penting karena generasi mudalah yang akan meneruskan perjuangan bangsa dan generasi muda inilah informasi sangat mudah disebar luaskan dan dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif dalam pencegahan paham-paham redakalisme dan terorisme. Mengingat Bengkulu juga merupakan daerah yang memiliki rekam jejak perjuangan nasionalisme bangsa Indonesia.
“Bengkulu merupakan daerah asal Fatmawati sang penjahit bendera Indonesia pertama. Hal inilah yang akan digelorakan kembali kepada masyarakat Bengkulu, agar rasa nasionalisme terbangun dan tidak terpecah dengan berita hoax dan ujaran kebencian.” Ungkap Kepala BNPT RI saat menyampaikan materi pada Kuliah Umum yang diadakan di Gedung Auditorium IAIN Bengkulu.
Ditambahaknya kegiatan serupa juga telah dilaksanakan sebanyak tiga kali berturut-turut dengan mengangkat tema yang berbeda-beda dalam upaya pencegahan paham tersebut. Workshop Pembuatan Film Pendek dihadiri Sekretaris FKPT Provinsi Bengkulu Dr. Asep Adang Supriadi, ST, MM, serta pemateri Sutradara Nasional Ratrikala Bhre Aditya dan Inne Febriyanti. Peserta sebanyak 300 orang yang merupakan guru dan pelajar yang berasal daro SLTA-sederajat se-Kota Bengkulu.
Pada kesempatan tersebut Sekretaris FKPT Bengkulu menyampaikan “Soft skills dan hard skills harus seimbang sehingga dapat saling berkesinambungan dengan baik, bangun solodaritas internal yang baik serta hindari keretakan individu diantara suatu kelompok, jadikan organisasi yang solid tanpa adanya perbedaan pendapat yang menjadi perselisihan diantara kelompok.” Jelas Asep Supriadi saat memberikan sambutan dan membuka workshop secara resmi.
Dalam materinya menyampaikan “Membuat film itu harus dari pengalaman yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan pemuda itu harus menguasai teknologi komunikasi yang tidak terbatas,” Ungkap Inne Febriyanti selaku aktris dan sutradara profesional yang didatangkan langsung dari Jakarta.
Ditambahkan Ratrikala Bhre Aditya yang juga pemateri dan sutradara handal, “Perwakilan pemenang pada kompetisi video pendek festival BNPT akan mewakili Bengkulu dan akan bertemu dengan seluruh pemenang se-Indonesia. Akan banyak yang akan didapat nantinya pengalaman dan motivasi dari para juri yang akan memjadi pangalam yang berharga”, pungkasnya. Pada kesempatan ini BNPT RI menyediakan hadiah sebersar 45 juta rupiah untuk para pemenang. (Humas IAIN Bengkulu)

WhatsApp Image 2018-04-13 at 16.31.48 (3)

Cendramata : Rektor IAIN Bengkulu memberikan Cendramata atas kehadiran Kepala BNPT RI Komjen Pol. Drs. Suardi Alius, MH., sekaligus menjadi pemateri dalam Kuliah Umum yang dilaksanakan di Gedung Auditorium IAIN Bengkulu. Rabu (11/4).

WhatsApp Image 2018-04-13 at 16.31.48 (4)

Tanda Tangan : Penandatangan MoU kerjasama antara IAIN Bengkulu dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Bengkulu.

WhatsApp Image 2018-04-13 at 16.31.48 (5)

Sambutan : Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH., saat menyampaikan sambutannya dalam keuliah umum dengan tema “Resonansi Kebangsaan dan Bahaya serta Pencegahan Radikalisme”.WhatsApp Image 2018-04-13 at 16.31.48 (6)

Kuliah Umum : Kepala BNPT RI saat menjadi Pemateri dalam kuliah umum yang di moderatori langsung oleh Rektor IAIN Bengkulu. 

WhatsApp Image 2018-04-13 at 16.31.48

Foto : Kepala BNPT RI, Rektor IAIN Bengkulu, FKPT Bengkulu beserta jajaran berfoto bersama seusai mengadakan kuliah umum yang dihadiri dosen, staf dan mahasiswa IAIN Bengkulu.WhatsApp Image 2018-04-13 at 16.32.09

Workshop : Pemateri Ratrikala Bhre Aditya seorang sutradara dan Inne Febrianti seorang aktris ibu kota saat menyampaikan workshop Pembuatan Video Pendek BNPT 2018 di Gedung Djamaan Nur IAIN Bengkulu.