Peringati Hari Bumi, Gempa IAIN Bengkulu Adakan Kegiatan Se-Sumatera

IAIN BENGKULU- Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam (GEMPA) IAIN Bengkulu mengadakan kegiatan Peringatan Hari Bumi dengan mengangkat tema “Bangun Kesadaran akan bencana dengan memprioritaskan Lestari pesisir bumi raflesia”. Wakil Rektor III Dr. Samsudin, M.Pd pada kesempatan ini membuka langsung Peringatan Hari Bumi dan didampingi oleh Pembina Gempa IAIN Bengkulu, Sa’adah Mardliyati, MA., Kepala BPBD Bengkulu, Dosen dan Karyawan dilingkungan IAIN Bengkulu serta 10 delegasi yang terdiri dari berbagai daerah seperti Palembang, Lubuk Linggau, Padang, Lampung, Perguruan Tinggi di Bengkulu dan siswa dari SLTA-Sederajat se-provinsi Bengkulu. Peringatan Hari Bumi dilaksanakan di Lapangan Belakang Gedung LPPM IAIN Bengkulu. Kamis(19/4)

Acara tersebut murupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Gempa IAIN Bengkulu  dengan tujuan memperingati Hari Bumi pada tanggal 22 April 2018. Pada Peringata Hari Bumi yang diselenggrakan oleh Gempa IAIN Bengkulu juga menggelar beberapa cabang perlombaan diantaranya, Susur pantai yang diikuti KPA MAPALA se-Sumatera, Jelajah kampus yang diikuti oleh SMA sederajat se-provinsi Bengkulu, Hasta karya dan Musikalisasi puisi. Selain itu pada kegiatan ini juga diadakan pelatihan Mitigasi Benjana, dengan tujuan agar dapat membangun dan sigap akan kesadaran bencana.

“Provinsi Bengkulu merupakan daerah rawan akan bencana, oleh karena itu untuk membangun kesadaran masyarakat akan kesigapan dan kesiapan tanggap bencana, kegiatan seperti ini dapat membantu membangun kesadaran akan tanggap bencana”. Ujar Wakil Rektor III Dr. Samsudin, M.Pd saat menyampaikan sambutan pada pembukaan kegiatan.

Gempa 5

Sambutan : Wakil Rektor III Dr.Samsudin, M.Pd., saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Peringatan Hari Bumi tahun 2018 oleh Gempa IAIN Bengkulu.

Tambahnya kegiatan ini juga berguna meminimalisir jatuhnya korban jiwa akibat bencana alam. Beliau juga berhrap pemerintah dapat menguatkan sistem mitigasi bencana. Sistem tersebut harus dilakukan secara terpadu oleh semua instansi atau lembaga pemerintah yang bergerak di penataan lingkungan ataupun tata ruang, termasuk BPBD.

Kegiatan ini merupakan wadah atau forum silahtuhrami Mapala untuk saling bertukar pikiran, saling mengenal satu sama lain dan juga untuk memperkenalkan kampus IAIN Bengkulu kepada mahasiswa lain hal tersebut disampaikan oleh Tri Saren selaku ketua panitia kegiatan saat ditemui disela kegiatan. (Humas IAIN Bengkulu ‘06)

Gempa 1

Wakil Rektor III IAIN Bengkulu memberikan kenang-kenangan kepada pemateri dari BNPB Provinsi Bengkulu.

Gempa 2

Wakil Rektor III IAIN Bengkulu memberikan Cendramata kepada Basarnas Bengkulu sebagai Pemateri pada kegiatan Peringatan Hari Bumi 2018 dan didampingi oleh ketua Gempa IAIN Bengkulu beserta jajaran.

Gempa 3

Pembina Gempa IAIN Bengkulu Sa’adah Mardliyati, MA pada kegiatan Peringatan Hari Bumi 2018.

Gempa 4

Sambutan Ketua Gempa IAIN Bengkulu Jovi Pernando pada Peringatan Hari Bumi 2018.