FTT Gelar Workshop Penyusunan Pedoman Magang Kependidikan

IAIN BENGKULU — Workshop Penyusunan Pedoman Magang Kependidikan diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Tadris (FTT) IAIN Bengkulu. Workshop ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag. MH. serta dihadiri seluruh pejabat yang berada dilingkungan FTT. kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Perkuliahan Program Doktoral (Gedung M). Selasa (15/5).

Dalam sambutannya rektor menyampaikan “Pada Workshop ini dapat memberikan informasi tentang sistem kependidikan agar kedepannya lahir tenaga pendidikan yang kompeten dan miliki kemampuan yang baik. Tenaga pendidik inilah yang menentukan perubahan bangsa kedepan”. Terang Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH. saat menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan secara langsung.

Workshop yang diselenggarakan selama dua hari mulai dari tanggal 15 sampai dengan 16 Mei 2018. Mendatangkan Narasumber yakni Prof. Dr. Ahmad Mujahid, M.Ag dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan materi Magang dalam KNKI untuk peningkatan profesionalisme calon guru dan Klinik Borang Akreditasi dengan Pola SAPTO. Serta Dr. Wasidi, M.Pd dari Universitas Bengkulu dengan materi tentang Aplikasi magang Kependidikan dalam KNKI serta Validasi penyempurnaan pedoman magang kependidikan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun Pedoman Magang yang nantinya akan digunakan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Tadris dalam proses pelaksanaan magang kependidikan. Dimana pedoman ini nanti akan secara legal digunakan seluruh jurusan yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Tadris.

“Magang merupakan proses perkuliahan yang wajib diikuti oleh seluruh program pendidikan diseluruh perguruan tinggi yang ada, dimana magang kependidikan ini berlevel 6”. Ujar Dr. Zubaedi, M.Pd selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Tadris saat menyampaikan sambutannya.

Fakultas Tarbiyah dan Tadris telah sejak lama menggunakan kurikulum KNKI dimana seorang guru dituntut untuk memiliki kompetensi kependidikan yang lebih sehingga mahasiswa dapat melakukan pembelajaran tidak hanya keterampilan intelektual tetapi juga memiliki keahlian lain dalam melakukan pembelajaran dalam mentransferkan ilmunya kepada murid mereka. Hal tersebut disampaikan oleh Eva Dewi, M. Ag selaku ketua panitia kegiatan dan juga Ketua Jurusan Pendidikan dan Bahasa Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu. (Humas IAIN Bengkulu).

FTT (2)

Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH, Prof Dr. Ahmad Mujahidin, M. Ag selaku pemateri dalam Workshop Penyusunan Pedoman Magang Kependidikan, Dekan FTT Dr. Zubaedi, M. Pd beserta jajaran berfoto bersama dengan peserta Workshop yang merupakan Dosen dan pejabat dilingkungan FTT.