UM-PTKIN 2018: Melampaui Target, IAIN Bengkulu Semangkin Diminati

IAIN BENGKULU—IAIN Bengkulu menyelenggarakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2018. Sebanyak 1.444 Calon Mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah didalam dan diluar Provinsi Bengkulu yang mengikuti UM-PTKIN.  Ujian tersebut Dilaksanakan di beberapa gedung IAIN Bengkulu yaitu, Saintek, FEBI, Fakultas Syari’ah dan Pustekinfo yang dimonitoring secara langsung oleh Akrom Abdullah sebagai perwakilan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI yang didampingi oleh Wakil Rektor III dan Kepala Biro AUAK IAIN Bengkulu. UM-PTKIN tersebut dilaksanakan  Selasa,(22/05).

UM-PTKIN ini adalah mekanisme seleksi masuk Universitas Islam Negeri (UIN)/ Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/ Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) melalui ujian tertulis yang dilakukan serentak di PTKIN seluruh Indonesia dibawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI.

Wakil Rektor I Dr.H.Zulkarnain Dali,M.Pd, Menjelaskan bahwa Ujian tertulis UM-PTKIN akan berlangsung selama satu hari yakni tanggal 22 Mei 2018 serentak di seluruh Indonesia dan untuk di IAIN Bengkulu tahun ini ada peningkatan jumlah peserta pendaftar pada tes penerimaan mahasiswa baru. Karena kuota yang disedihkan oleh IAIN Bengkulu hanya 2500 sedangkan pada jalur SPAN PTKIN IAIN Bengkulu sudah menerima mahasiswa sebanyak 1557 dan pada jalur UMPTKIN yang mengikuti seleksi sebanyak 1444 serta masih ada satu jalur lagi yang belum dilaksanakan sedangkan jumlah sudah melebihi kuota.

 “Adanya peningkatan jumlah peserta dari tahun sebelumnya bahkan melebihi kuota yang disediahkan oleh IAIN Bengkulu dan nanti akan ada tes jalur mandiri untuk mengisi prodi-prodi yang langka peminat dan akan diberikan beasiswa kepada para mahsiswa khusus prodi langka tersebut. Dengan cara itu maka prodi IAIN akan terisi sesuai target yang dicapai” Ungkap Warek I

Tes yang diselenggarakan di IAIN Bengkulu ini akan di bagi menjadi 72 lokal dan 1 lokal dengan ujian menggunakan sistem komputer. Kapasitas ruangannya maksimal 20 peserta tes yang diawasi oleh pengawas ujian. (Humas IAIN Bengkulu)

3 5 2 1