Berebut Kuliah Di IAIN Bengkulu, 1.056 Peserta Ikuti Ujian Jalur Mandiri

 

IAIN BENGKULU – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu saat ini melaksanakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri dengan jumlah sebanyak 1.056 peserta. Calon mahasiswa berasal dari berbagai daerah hingga luar provinsi Bengkulu, berebut untuk kuliah di IAIN Bengkulu. Demi menjaga lulusan yang berkualitas seleksi jalur mandiri ini dilaksanakan selama dua hari, hari pertama ujian tertulis dan hari kedua tes baca Al-Qur’an serta Tes Psikologi dan Wawancara. Rabu (1/8).

Raktor IAIN Bengkulu Prof. DR. H. Sirajuddin M, M,Ag,MH melalui Wakil Rektor III sekaligus ketua Panitia ujian, Dr Syamsudin, M.Pd mengatakan, Ujian Mandiri dilaksanakan selama dua hari mulai dari Rabu sampai dengan Kamis besok. Untuk tahun ini ada 2.500 kuota mahasiswa baru. Khusus untuk jalur mandiri atau jalur terakhir masuk IAIN ini akan diterima tak lebih dari  800 mahasiswa.

“Tentu calon mahasiwa IAIN harus berkualitas dari sisi ilmu Agama dan pengetahuan. Kita akan tes kemampuan mereka pertama yakni baca kitab suci Al Quran, kemudian tes potensi akademik dan keisalaman, bahasa Arab dan bahasa Inggris, psikologi nya pun juga diuji,” terangnya.

Kemudian Syamsudin menjelaskan, ada 53 lokal digunakan untuk ujian dan tiga gedung yakni Gedung Sainstek, Gedung Febi dan Gedung Syariah. “Ujian masuk dilaksanakan dengan jujur, sportif dan dipastikan tidak ada kecurangan dalam bentuk apapun. Soal yang dibuat oleh pihak panitia pun masih tesegel dan rahasia. Segel akan dibuka langsung oleh pengawas ujian dihadapan peserta tes ketika ujian baru akan dimulai,” ujarnya.

Dengan bertambahnya kuota penerimaan mahasiswa baru IAIN Bengkulu pada tahun ajaran 2018/2019, mengingat banyaknya animo masyrakat yang ingin menimba ilmu di IAIN Bengkulu. selain itu, dengan bertambahnya kuota calon mahasiswa IAIN Bengkulu menjadi sebuah langkah besar peralihan status dari IAIN ke UIN Bengkulu mendatang. (Humas IAIN Bengkulu)

Wakil Rektor III IAIN Bengkulu sekaligus Ketua Panitia SPMB Mandiri 2018/2019 menyerahkan berkas soal ujiat tertulis kepada pengawas.

Pengawas Ujian menyerahkan soal ujian kepada salah satu peserta ujian SPMB Mandiri.

Peseta Ujian sedang fokus mengerjakan Ujian SPMB Mandiri yang di awasi Pengawas Ujian.