IAIN Bengkulu Menggelar Shalat Idul Adha dan Pemotongan Qurban

IAIN Bengkulu – Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr.H. Sirajuddin, M. M.Ag, M.H, menjadi Imam dan Khatib  pada shalat Idul Adha  1439 H  di Masjid Al-Faruq IAIN Bengkulu pada hari Rabu 22 Agustus 2018, Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar  dengan jamaah yang berasal dari dosen dan mahasiswa IAIN Bengklulu serta masyarakat sekitar IAIN Bengkulu.

Dalam penyampaian Khutbahnya Rekto IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M. M. Ag, MH menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memperingati peristiwa ketika Nabi Ibrahim A.S. bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah Swt, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba serta untuk mensucikan diri kita dari sifat kebinatangan.

Dilain waktu dilanjutkan dengan pemotongan hewan Qurban sebanyak 2 ekor yang dilaksanakan pada hari Kamis 23 Agustus 2018. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dengan dihadiri oleh pejabat dan pegawai IAIN Bengklulu.

Menurut Dr. KH. Zulkarnain Dali, M.Pd, selaku Wakil Rektor I, Pemotongan hewan qurban merupakan kegiatan rutin selama 5 tahun lebih yang dilakukan IAIN Bengkulu setiap tahunnya. Kegiatan tersebut sengaja dilakukan oleh pihak IAIN Bengkulu pada hari kedua Idul Adha dikarenakan banyak dosen dan karya IAIN Bengkulu yang menjadi pengurus  dan panitia di Masjid tempat tinggalnya masing-masing.

“Memang sekarang baru tahap pimpinan, untuk kedepannya saya kira tidak hanya pimpinan tetapi semua pegawai IAIN Bengkulu, dan semoga tahun depan ada peningkatan jumlah hewan qurban sampai 6 ekor” Tutur Wakil Rektor I Dr. KH. Zulkarnain Dali, M.Pd,

Dr. Hj. Khairiah, M.Pd selaku kepala Biro AUAK IAIN Bengkulu, mengatakan kegiatan ini sebagai rasa sukur kepad Allah Swt dan salah satu cara untuk berbagi kepada sesama

“Alhamdulillah lancar dengan ikut dihadiri oleh para pejabat dan pegawai IAIN Bengkulu, semoga kegiatan ini bisa mendapatkan barokah” Ungkap Kepala Biro AUAK IAIN Bengkulu

Distribusi daging qurban dilakukan dalam bentuk kupon, yang akan dibagikan kepada Pimpinan, Pegawai, dan masyarakat sekitar kampus IAIN Bengkulu. (Humas IAIN Bengkulu)