PBAK 2018 Sukses Pecahkan Rekor

 

IAIN BENGKULU — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu menyelenggarakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2018 bagi Mahasiswa Baru tahun ajaran 2018/2019. PBAK 2018 pada tahun ini berhasil mencetak sejarah dengan sukses pecahkan rekor dengan peserta PBAK terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat tahun 2018 ini IAIN Bengkulu menambah kuota penerimaan mahasiswa baru yakni sebenyak 2.254 mahasiswa yang telah melakukan registrasi ulang sebagai mahasiswa IAIN Bengkulu.

Pada pembukaan PBAK 2018 diawali dengan Istighosah bersama yang dipimpin oleh Kyai. H. Abdul Muhyi (Ulama Bengkulu). Istighosah dilakukan sebagai bentuk rasa syukur serta memohon agar mahasiswa yang baru akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi ini mendapat berkah serta dapat menimba ilmu di IAIN Bengkulu dengan baik.

“Dengan adanya kegiatan ini semoga calon mahasiswa baru IAIN Bengkulu dapat menjadi mahasiswa yang baik serta dapat bersaing dalam hal berprestasi, dan berharap dapat menjadi mahasiswa yang selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat sebagai mahasiswa”, jelas Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan PBAK 2018 di Gedung Gunung Bungkuk. Selasa (28/8).

Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH., saat menyampaikan sambutan dan membuka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan tahun 2018 di Gedung Gunung Bungkuk. Selasa (28/8)

Beliau menambahkan PBAK 2018 ini merupakan sebuah catatan sejarah dengan mahasiswa baru terbanyak setelah peralihan dari STAIN Bengkulu dan sekarang telah menjadi IAIN Bengkulu. Timbalah ilmu dengan sebaik mungkin dengan kerja keras agar diharapkan nantinya dapat menjadi lulusan terbaik. Fokuslah belajar serta menambah keterampilan. Banyak sekali kegiatan internal kampus yang dapat menambah keterampilan seperti pramuka, paskibra, Rejang 4 petulai, PMI, Gempa, serta UKM lainnya.

PBAK 2018 mengangkat tema Mencetak Sarjana “Tafaqquh Fi-ddin” Religius, Intelektual, Profesional. Dengan narasumber dari dari Danrem Garuda Emas Bengkulu, Badan Narkotika Nasional (BNN) Bengkulu, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Bengkulu, Pimpinan dilingkungan IAIN Bengkulu serta pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di IAIN Bengkulu.

Saat ini IAIN Bengkulu memiliki sebanyak 10.316 mahasiswa termasuk mahasiswa baru sebanyak 2.254 mahasiswa tahun ajaran 2018/2019. Rektor menambahkan IAIN Bengkulu terus berupaya untuk tidak hanya menampung animo masyarakat untuk menempuh pendidikan di IAIN Bengkulu tetapi juga terus berbenah dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa.

Salah satu gebrakan yang akan dilakukan IAIN Bengkulu yakni pada prodi Manajemen Haji dan Umrah, dimana pada Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang langsung bekerjasama dengan travel-travel Umrah untuk melakukan praktek di Makkah dan Madinah. Mengingat IAIN Bengkulu merupakan Perguruan Tinggi Islam Negeri yang pertama kali membuka Prodi Manajemen Haji dan Umrah di Indonesia. (Humas IAIN Bengkulu)

Peserta PBAK tahun 2018 sebanyak 2.254 mahasiwa yang memadati Gedung Gunung Bungkuk hingga tribun lantai 2 Gedung.

Rektor IAIN Bengkulu menerima sekapur sirih oleh penari Persembahan asli Bengkulu.

Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH., saat memakaikan almamater secara simbolis kepada peserta PBAK tahun 2018 yang merupakan Mahasiswa Baru tahun ajaran 2018/2019.