Persiapan PPL Luar Negeri, IAIN Bengkulu Adakan Seminar Internasional

 

IAIN BENGKULU — International Relations Office (IRO) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema Peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dalam Menjaga Hak Demokrasi Masyarakat Indonesia di Luar Negeri dengan mendatangkan narasumer yakni anggota Panitia Pemungutan Luar Negeri (PPLN) Perwakilan Penang, Malaysia yakni M. Arif Rahman Hakim. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Dr. KH. Zulkarnain Dali M.Pd., yang dilaksanakan di Gedung Auditorium IAIN Bengkulu. Kamis (6/9).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman dan juga berbagi pengalaman khususnya mahasiswa Fakultas Syari’ah, Program Studi Hukum Tata Negara (HTN). Tetapi tidak menetup kemungkinan mahasiswa lain untuk juga memahami dan mengikuti kegiatan seperti ini demi menambah pengetahuan dan mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik, serta sebagai pengenalan awal bagi mahasiswa IAIN Bengkulu yang akan melakukan PPL Luar Negeri.

“Kegiatan yang sangat positif bagi menambah pemahaman mahasiswa tentang Pemilihan Umum serta pengetahuan tentang sistem demokrasi yang ada di Indonesia. Terlebih lagi pemahaman dan juga pengalaman tentang Pemilu yang dilaksanakan di luar negeri”, terang Dr. KH. Zulkarnain Dali, M.Pd selaku Wakil Rektor I saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka Seminar Internasional secara resmi.

Wakil Rektor I Dr. KH. Zulkarnain Dali, M.Pd saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka  Seminar Internasional secara resmi.

Beliau menambahkan kegiatan ini juga sebagai langkah awal bagi mahasiswa IAIN Bengkulu yang hendak melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Luar Negeri yang akan dicanang bagi mahasiswa Syari’ah dan juga mahasiswa FEBI.

“Langkah yang baik bagi mahasiswa, terlebih lagi narasumber pada kegiatan ini merupakan salah satu dosen IAIN Bengkulu yakni M. Arif Rahman Hakim yang sedang melaksanakan tugas sebagai mahasiswa doktor di Universiti Sains Malaysia dan juga sebagai salah anggota Panitia Pemungutan Luar Negeri (PPLN) Penang, Malaysia”, tembahnya.

Selain itu, IAIN Bengkulu juga telah banyak melakukan kerja sama luar negeri, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan pendidikan di kancah internasional. Banyak sekali program-program yang baik serta dapat dilaksankan setelah terjalinnya kerjasama yang dilakukan oleh IAIN Bengkulu dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ada.

“Saatnya IAIN Bengkulu terlebih mahasiswanya untuk melangkah ke dunia internasional. Diharapkan tahun yang akan datang mahasiswa IAIN Bengkulu dapat melaknakan program pertukaran mahasiswa dengan mahasiswa luar negeri”, jelas Reko Serasi, MA selaku Kepala International Relation Office (IRO) IAIN Bengkulu saat menyampaikan sambutannya.

Kepala International Relations Office (IRO) IAIN Bengkulu saat menyampaikan sambutannya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 500 mahasiswa baik dari mahasiswa IAIN Bengkulu dan juga perguruan tinggi lainnya yang ada di Bengkulu, awalnya panitia hanya menargetkan 200 peserta saja. (Humas IAIN Bengkulu).

Anggota PPLN Penang Malaysia M. Arif Rahman Hakim memberikan cendramata kepada Kepala IRO IAIN Bengkulu Reko Serasi, MA.

Foto bersama Wakil Rektor I, Anggota PPLN Penang, Malaysia, Kepala IRO, serta tamu undangan lainnya.

Anggota PPLN Penang, Malaysia dan juga selaku Dosen IAIN Bengkulu yang sedang melaksanakan tugas belajar mahasiswa Doktor Universiti Sains Malaysia pada saat menyampaikan materi Seminarnya.