IAIN Bengkulu —  Setelah melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Luar Negeri (KKN-LN) pada Agustus 2018, pada Desember ini para peserta program tersebut yang berjumlah 15 orang menerbitkan buku dengan judul Secercah Harapan di Negeri Jiran (Bagian 2). Buku setebal 193 halaman ini berisi 15 bab yang setiap babnya mempunyai cerita yang berbeda- beda dan ditulis berdasarkan pengalaman masing- masing peserta selama menjalani program KKN-LN di Malaysia. Buku yang di editori oleh M. Arif Rahman Hakim, dosen fakultas tarbiyah dan tadris IAIN Bengkulu yang juga sekaligus sebagai salah satu pembimbing di program KKN- LN 2018 ini merupakan seri lanjutan dari buku dengan judul yang sama yang diterbitkan pada tahun lalu oleh para peserta KKN-LN tahun 2017. Namun Arif menambahkan, materi yang disajikan dalam buku bagian kedua ini sangat berbeda karena memang kegiatan yang dijalankan setiap tahun memang berbeda. Arif memberikan salah satu contoh bahwa tahun lalu grup KKN LN IAIN Bengkulu bekerjasama dengan Yayasan Ma’had Tahfidz An Nahdhoh Pulau Pinang, namun tahun ini beberapa kegiatan pengabdian banyak diarahkan ke Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang merupakan lembaga perpanjangan tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia yang bertugas mensosialisasikan dan menyelenggarakan pemilu bagi Warga Negara Indonesia di wilayah Penang, Kedah dan Perlis.

 

“Tidak hanya berbentuk tulisan yang diceritakan dalam bentuk narasi, namun tulisan- tulisan dalam buku ini juga mengangkat beberapa studi kasus yang para penulis temukan pada saat melaksanakan program pengabdian masyarakat selama total 29 hari. Arif mewakili semua penulis berharap agar catatan- catatan ringan ini nantinya dapat berguna bagi masyarakat Indonesia dimanapun berada, baik itu sebagai bahan bacaan, tambahan literatur, ataupun dasar pada pengambilan sebuah keputusan. Semoga buku ini dapat berguna bagi seluruh masyarakat Indonesia”, pungkasnya.

 

Para penulis dalam buku ini yang juga merupakan para peserta KKN LN merupakan mahasiswa yang berasal dari 4 fakultas yang terdapat di IAIN Bengkulu. Mereka adalah Asiatul Hasanah (PGMI), Zainul Mustaqim (BSA), Mirna Guswenti (PAI), Soimah Lailah (PAI), Agustian Rahmadi (TBA), Sara Paramita Sari (BSA), Evi Kasna Sari (PGMI), Mahmudah (HKI), Karunia Kholifah Dini Agustin (TBA), Dimas Rahmat Riyadi (IQT), Redo Januario (SKI), Winda Arumningsih (PBS), Untung Astriaga (HTN), Ria Pradita (BSA) dan Vivi Esty Magfiroh (PBS)

 

Untuk diketahui bersama, selain dipublikasi secara cetak, buku ini juga dapat diakses dan di unduh secara gratis melalui academia ataupun researchgate. Menurut Asiatul Hasanah yang merupakan salah satu penulis dari buku Secercah Harapan di Negeri Jiran (Bagian 2) tujuan dari di onlinekan nya buku ini adalah agar karya mereka juga dapat dibaca oleh seluruh mahasiswa Indonesia yang pernah, sedang ataupun belum melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Selain itu mereka juga ingin berbagi mengenai pengalaman dari pelaksanaan pengabdian dan beberapa informasi mengenai kehidupan masyarakat Indonesia yang ada di Malaysia yang selama ini hanya diketahui melalui media saja.