IAIN BENGKULU — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) bengkulu menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (UM-PTKIN) tahun 2018. FGD diikuti oleh kepala sekolah tingkat SLTA di Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Lantai 3 Gedung Rektorat IAIN bengkulu. Kamis (10/1).

FGD ini bertujuan untuk penguatan IAIN Bengkulu dalam evaluasi penerimaan mahasiswa baru serta pengembangan perguruan tinggi keagamaan di bawah naungan kementrian agama. “Pendidikan haruslah tidak lepas dari basis keagamaan serta tauhid yang tetap harus diajarkan kepada generasi bangsa”, jelas Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH saat menyampaikan materi sekaligus membuka acara.

Ditambahkannya “Islam mengajarkan menuntut ilmu tidak hanya dengan mengandalkan fikiran namun islam telah mengajarkan menekuni ilmu haruslah dengan kekuatan iman dan taqwa agar ilmu yang didapat bermanfaat bagi lingkungan”, tambahnya

Rektor IAIN Bengkulu saat menyampaikan sambutan dan penyampaian materi pada kegiatan FGD Evaluasi UM-PTKIN tahun 2018

Beliau menambahkan Kementerian Agama dalam membentuk karakter bangsa memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembentukan karakter bangsa yang baik. Salah satunya dengan penguatan perguruan tinggi dibawah naungan kementrian agama.

IAIN Bengkulu dalam pengembangannya juga turut berperan untuk memajukan dunia pendidikan keagamaan. Seperti salah satunya hingga saat ini IAIN Bengkulu berupaya dalam peralihan status dari IAIN ke UIN.

“Dalam penguatan IAIN Bengkulu saat ini dalam upaya peralihan status menjadi UIN, sebagai penyelenggara menjadi perguruan tinggi yang baik tidak terlepas dari motivasi awal tingkat SLTA”, jelas Rektor.

Dalam menunjang pendidikan, IAIN Bengkulu banyak memberikan beasiswa kepada mahasiswanya. Hal tersebut merupakan peran aktif IAIN Bengkulu agar menghasilkan penerus bangsa yang terbaik.

“Untuk IAIN Bengkulu saat ini telah banyak menyalurkan beasiswa kepada mahasiswanya, seperti beasisaa BI, Bidikmisi, baznas kota dan Provinsi, beasiswa tahfidz dan lain sebagainya”, sambung Wakil Rektor I Dr. KH. Zulkarnain Dali, M.Pd. (Humas IAIN Bengkulu).

Foto Bersama Rektor IAIN Bengkulu, Wakil Rektor, Kepala Biro, Kasubbag Humas, Dekan dan Peserta FGD UM-PTKIN dari Kepala Sekolah Se-Provinsi Bengkulu.

Proses berjalannya FGD UM-PTKIN yang mendatangkan Kepala Sekolah se-Provinsi Bengkulu

Tour bersama Kepala Sekolah Se-Provinsi Bengkulu melihat situasi lingkungan IAIN Bengkulu