IAIN BENGKULU — Dikutip dari www.kemenag.go.id Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin merilis Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk (SPAN-UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2019. Kemenag menargetkan dapat menjaring 350 ribu pendaftar, yang terdiri dari 225 ribu pendaftar melalui jalur SPAN PTKIN dan 125 ribu pendaftar melalui jalur UM PTKIN. kegiatan yang diikuti oleh seluruh PTKIN di Indonesia ini dilaksanakan di Hotel Borobudur Jakarta. Rabu (23/1).

“Saya memandang apa yang kita lakukan adalah hal yang sangat strategis, ini tahap awal kita mendapatkan calon-calon mahasiswa terbaik”, ujar Menteri Agama RI Lukman Hakin Saifuddin.

SPAN-PTKIN merupakan seleksi Nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Sementara UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN Musafir Pababbari menyatakan SPAN UM PTKIN akan dilaksanakan oleh 58 PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Salah satunya yakni IAIN Bengkulu, dimana IAIN Bengkulu telah menerima ribuan mahasiswa yang berasal dari pendaftar jalur SPAN – UM PTKIN tahun 2018. Selain itu, Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M. Ag., MH yang juga hadir pada perilisan SPAN Ujian Masuk PTKIN 2019 selain itu turut mendampingi yakni Wakil Rektor I Dr. KH. Zulkarnain Dali, M. Pd, Kasubbag Humas Sri Ihsan, M. Pd. I., Pengelola SIAKAD IAIN Bengkulu Huzami serta direktur Ma’had Dr. Nasron, M. Pd.

Proses pendafataran jalur SPAN PTKIN akan mulai dilaksanakan sejak 23 Januari – 10 Mei 2019. Daftar program studi dan daya tampung SPAN PTKIN dapat dilihat pada laman http://www.span-ptkin.ac.id.

Sementara proses pembukaan pendaftaran jalur UM PTKIN, diserahkan ke masing-masing PTKIN dan akan berakhir pada bulan Juli 2019. Daftar program studi dan daya tampung UM PTKIN dapat dilihat di laman http://www.um-ptkin.ac.id

(kemenag.go.id / humas IAIN Bengkulu)

Sumber Foto : www.kemenag.go.id

Rektor IAIN Bengkulu Prof.Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH beserta rombongan saat menghadiri Perilisan SPAN Ujian Masuk PTKIN 2019