IAIN BENGKULU – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu menggelar Youth Red Cross Competition (YRCC) se- Sumatera. Kegiatan ini dibuka langsung Ketua Bidang PMR dan Relawan H. Muhammad Muas, SH dan dihadiri oleh Gubernur Bengkulu yang di wakili oleh Asisten Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Dr. Sumarno, M.Pd serta Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH. kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari dibuka di halaman Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu. Kamis (25/4).

“Bekerjsama membangun SDM dalam upaya menanggulangi kesiap siagaan menghadapi bencana, serta marilah bersatu untuk menjaga dan merawat Indonesia untuk kedamaian bangsa.” Jelas Ketua Bidang PMR dan Relawan H. Muhammad Muas, SH saat menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara secara langsung.

Dalam sambutannya rektor menjelaskan  “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dalam rangka penguat kelembagaan selain kegiatan belajar dan mengajar, dimana kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat melalui kampus siaga bencana yang akan segera di lounching”, terang Rektor IAIN Bengkulu saat menyampaikan sambutannya.

Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan meningkat setiap tahunnya terlebih kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya penanggulangan bencana mengingat Bengkulu merupakan salah satu daerah yang rawan terkena bencana.

Hal senada juga disampaikan oleh Gubernur Bengkulu dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Dr. Sumarno, M.Pd  “YRCC diharapkan dapat meningkatkan dalam pembangunan masyarakat dalam siap siaga bencana yang diketahui Bengkulu merupakan daerah rawan bencana”

Beliau menambahkan apresiasi yang sangat tinggi dari pemerintah provinsi Bengkulu karena mulai dari sekarang menjadikan IAIN Bengkulu sebagai kampus siaga bencana.

Setelah kegiatan pembukaan YRCC, IAIN Bengkulu juga melakukan penandatanganan Mou dengan Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Bengkulu, Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Stasiun Klimatologi BMKG Bengkulu, Dinas Kesehatan Bengkulu, PMI serta Gerakan Pramuka Kwarda Bengkulu.(Humas IAIN Bengkulu)