IAIN Bengkulu – Asrama Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu menggelar khotaman kilat dan tadarus al-Qur’an setiap hari selama bulan ramadhan yang dilaksanakan oleh mahasantri dan ustadz/ustadzah. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu, dimana  kegiatan ini bimbing langsung oleh Ust. Kurniawan, M.Pd. Kamis (23/5).

Khotaman kilat dan tadarus Al-Qur’an merupakan rutinitas mahasantri dan ustdz/ustadzah Ma’had Al-jami’ah setiap bulan suci ramadhan,  dimana Khotaman kilat atau muqqodaman Al-qur’an Ma’had Al-jami’ah menggunakan metode 30 juz a-qur’an dibaca secara serentak oleh seluruh santri dan ustadz/ustadzah.

Sistem membacanya 30 juz tersebut dibagi dengan banyaknya mahasantri, jika sudah kebagian semua ayat yang akan dibaca, kemudian dibaca secara serentak sampai selesai dan khatam. seluruh mahasantri ma’had  sudah khotam al-qur’an sebanyak 25 kali. Dan terakhir akan dibacakan do’a kahatam al-qur’an. Tadarus al-qur’an dilaksanakan setiap ba’da sholat subuh berjama’ah. Tadarus al-qur’an ini metodenya dibaca oleh santri secara bergantian, saat ada yang membaca maka mahasantri lainnya menyimak atau mendengarkan. Jika ada kesalahan dalam membaca akan saling membenarkan diantara mahasantri tersebut.

“semoga kedepannya khotaman kilat dan tadarus al-Qur’an selalu menjadi rutinitas  mahasantri dan ustdz/ustadzah ma’had al-jami’ah setiap bulan suci ramadhan, Terang ust. Kurniawan, M.Pd.

 

#HumasIAINBengkulu

#IAINBengkulu