Author: Fadli

Innalillahi wa innailahi rojiun..

Innalillahi wa innailahi rojiun..

.

Keluarga Besar Institut Agama Islam Negeri Bengkulu turut berduka cita yang mendalam atas wafatnya Hj. Sudjiatmi Notomiharjo ibunda Ir. Joko Widodo (Presiden RI)

.

Semoga amal ibadahnya di terima disisi Allah SWT dan meninggal dalam husnul khatimah.

Cegah Penyebaran COVlD-19, IAIN Bengkulu Sediakan Tempat Cuci Tangan

IAIN BENGKULU–Menyikapi situasi penyebaran COVID-19 (Virus Corona) serta menindaklanjuti Surat Edaran Rektor IAIN Bengkulu tentang mencermati dan menyikapi situasi penyebaran Virus Corona (COVlD-19) Institut Agama Islam Negeri Bengkulu melakukan beberapa pencegahan penyebaran virus salah satunya membuat tempat cuci tangan disetiap gedung yang berada di IAIN Bengkulu. Rabu (18/03)

Hasil rapat pimpinan IAIN Bengkulu yang dilaksanakan pada 16 Maret 2020, disainpaikan: mulai dan’ tanggal 17 s. d 29 Maret 2020, Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem daring (Online) melalui link: http://siakadiainbengkulu.ac.id atau sistem online lainya. Kegaitan praktik (laboratorium lapangan, KKN, magang) Kuliah Umum, seminar, lokakarya, FGD dan yang sej enisnya dilakukan penjadwalan ulang

Melalui. kasubbag Humas, Publikasi dan Dokumentasi IAIN Bengkulu “Bagi dosen dan tenaga pendidikan, yang mengalami gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan flu disarankan tidak masuk kerja atau masuk ke lokasi kampus dengan menyertakan surat keterangan dokter dan agar senantiasa berkoordinasi dengan menghubungi SATGAS pencegahan penyebaran virus corona IAIN Bengkulu dengan nomor HP/WA 085758151996 (Oci) atau 081363295511 (lima)”, terang Sri Ihsan, M.Pd.I selaku Kasubbag Humas, Publikasi dan Dokumentasi. (Humas IAIN Bengkulu)

 

Okta Junaidi, Mahasiswa IAIN Bengkulu raih penghargaan di Banda Aceh

Okta Junaidi, Mahasiswa IAIN Bengkulu raih penghargaan di Banda Aceh

IAIN BENGKULU – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Mahasiswa terbaik IAIN Bengkulu Okta Junaidi, mahasiswa jurusan Prodi Tadris Bahasa Inggris ini berhasil meraih penghargaan Best Speaker dalam Kegiatan Students Conference Se-Sumatera yang dilaksanakan oleh UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Kamis-Sabtu (28-30/12/2019).

Dikutip dari sepenggalinfo.com “Penghargaan ini diberikan kepada peserta yang mempresentasikan Jurnal karya mereka kepada Audience,” Kata Zulfikar Selaku Ketua Prodi Bahasa Inggris UIN Ar Raniry Banda Aceh.

Delegasi IAIN Bengkulu yang diwakili oleh Okta Junaidi keluar sebagai Best Speaker pada Kegiatan Students Conference Se-Sumatera, dimana mahasiswa ini telah banyak mengukir prestasi seperti menjadi salah satu Duta HIV 2018. Duta IAIN Bengkulu 2018, Duta Genre 2019, Finalis Youth I Can 2019, serta pernah menjadi Relawan Kemanusiaan Palu tahun 2018.

Ditambahkan Zulfikar, penghargaan ini merupakan salah bentuk apresiasi dan terima kasih kepada peserta Students conference yang berasal IAIN dan UIN Se-sumatera. ”Ini juga sebagai motivasi kepada mahasiswa agar memiliki memiliki ide, kreatif dan Inovatif Indonesia yang lebih maju,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua EDSA UIN Ar Raniry, Aldi Aulia Zuhri berharap agar penerima penghargaan dapat meningkatkan prestasi dan semakin giat untuk belajar. “Tetap jaga kekompakan dan utamakan ide-ide yang cemerlang,” ungkapnya.

(Humas IAIN Bengkulu)

 

Said Aqil Sirodj Jadi Narasumber Seminar Kebangsaan

Said Aqil Sirodj Jadi Narasumber Seminar Kebangsaan

IAIN BENGKULU – Ketua Umum Tanfidziyh Pengurus Besar Nahdlatul ‘Ulama (PBNU) Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, M.A menjadi narasumber dalam seminar Kebangsaan yang dilaksanakan oleh Institut Agam Islam Negeri (IAIN) Bengkulu yang di hadiri oeleh Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH serta menjadi peserta dalam seminar ini yakni Mahasiswa Doktor (S3) IAIN Bengkulu.  Selasa (19/11)

“Sebagai Ketua Umum salah satu organisasi Islam dan juga terbesar di Indonesia, sehingga diminta dengan diadakannya seminar ini bisa menambah wawasan kebangsaan bagi mahasiswa IAIN Bengkulu”, terang Rektor.

Seminar ini dihadiri pula Prof. Dr. H. Rojimin, M.Ag., serta seluruh pejabat dilingkungan IAIN Bengkulu. Selain menjadi narasumber pada seminar kebangsaan di IAIN Bengkulu, Said Aqil Siroj juga menjalani silahturahmi dengan keluarga nahdiyin di Bengkulu. (humas IAIN Bengkulu)

Mahasiswa Prodi IPA Ikuti Seleksi Penyisihan OSKI PTKIN 2019

Mahasiswa Prodi IPA Ikuti Seleksi Penyisihan OSKI PTKIN 2019

 

IAIN BENGKULU — Sebanyak 2 orang mahasiswa dari Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Tarbiyah (FTT) IAIN Bengkulu mengikuti babak penyisihan Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI) PTKI Tahun 2019. Seleksi ini diikuti melalui sistem online di Laboratarium Komputer, Lt. 3 Gedung Pelatihan Rabu (30/10/19)

OSKI PTKI 2019 mengambil tema “Peran dan Tantangan Sains dan Teknologi Menuju Revolusi Industri 4.0:  Sintesis, Karakterisasi, dan Properti”.

Abdul Aziz, M. Pd  selaku Ka. Prodi Tadris IPA menjelaskan OSKI merupakan ajang kompetisi ilmiah yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama bersama Forum Dekan Fakultas Sains dan Teknologi PTKIN. Mahasiswa lingkup PTKI Negeri dan Swasta akan mengadu kemampuan dalam bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan Karya Inovasi.

“Even ini dimaksudkan sebagai wahana mahasiswa PTKI dalam mengaktualisasikan temuannya di bidang sains dan karya inovasi. OSKI juga sekaligus menjadi ruang pembuktian bahwa PTKI tidak hanya memiliki kehandalan di bidang keislaman an sich, tetapi juga sains dan karya inovasi.” ungkapnya.

Sedangkan pada lomba karya inovasi, bidang ilmu dikhususkan bagi yang memiliki relevansi dengan tema terkait literasi dan inovasi teknologi, nano-teknologi dan produk kesehatan, produk halal dan ketahanan pangan, dan deteksi dan mitigasi bencana.

“Kompetisi ini bermanfaat dalam membangun semangat belajar, kreatifitas, dan daya saing mahasiswa dalam bidang sains sehingga mampu menjadi generasi unggul sesuai dengan bidang yang digeluti. Selain itu  lomba ini juga dapat menjadi parameter untuk mengukur kemampuan mahasiswa PTKI dalam penguasaan konsep keilmuan dan keterampilan kerja bidang ilmu matematika, fisika, kimia dan biologi”, paparnya.

Dia berharap, beberapa di antara peserta yang mengikuti babak penyisihan hari ini dapat mewakili IAIN Bengkulu untuk mengikuti babak selanjutnya yang akan diselenggarakan pada tanggal 14-15 November 2019 di Kota Makassar. (Prodi IPA/Humas IAIN Bengkulu)