Category: KEGIATAN

6 Mahasiswa IAIN Bengkulu Terima Beasiswa Cendikia BAZNAS 2020

 

IAIN BENGKULU – Sebanyak enam orang mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Bengkulu lolos dalam tahapan Penerima Beasiswa Cendikia BAZNas (BCB) Tahun 2020. Keenam mahasiswa IAIN Bengkulu yang menerima Beasiswa merupakan mahasiswa yang masuk dalam kategori Aktivis Muda (Aktifitas di kelembagaan dan masyarakat.

“Alhamdulillah enam orang mahasiswa IAIN Bengkulu diterima untuk mendapatkan beasiswa Cendikia BAZNas atau Badan Amil Zakat Nasional pada tahun 2020, dan diharapkan dengan diberikannya beasiswa ini dapat membantu meringankan baiaya perkuliahan mereka”, terang Wakil Rektor III Dr. KH. Zulkarnain Dali, M.Pd.

Beliau menambahkan Beasiswa yang ditujukan kepada mahasiswa dengan kategori Aktivis Muda baik yang aktif di kelembagaan dan masyarakat ini semoga dapat mendorong lahirnya para penerus bangsa yang memiliki keluhuran akhlak dan kedalaman ilmu pengetahuan dengan prestasi yang mereka miliki.

Kasubbag Pembinaan Mahasiswa dan pemberdayaan Alumni Martina Navratilofa, S.STP menjelaskan kategori Beasiswa Cendikia BAZNas bagi IAIN Bengkulu yakni dengan Kategori aktivis muda dimana mereka yang aktif dalam organisasi baik di kampus maupun luar kampus, pernah menjadi pembicara atau narasumber baik internal maupun eksternal kampus, serta memiliki aktivitas sosial masyarakat dan yang terpenting aktif di media sosial.

“Progam beasiswa diberikan sampai semester 8 atau sampai lulus dengan maksimal 4 semester yang didalamnya akan menerima SPP maksimal Rp. 4 Juta, Uang saku bulanan Rp.400 Ribu per bulan dan pembinaan bagi mahasiswa beasiswa tersebut”, tegas Martina.

(Humas IAIN Bengkulu/RF)

Lepas Puluhan Alumni, Prodi HES Beri Motivasi

IAIN Bengkulu – Kegiatan Pelepasan dan Temu Alumni Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah IAIN Bengkulu di Bhadrika, Jln. Jenggalu l. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Prodi HES. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor lll Dr. H. Zulkarnain Dali, M.Pd, Kasubag Humas Sri ihsan, M.Pd,  Wadek l Dr.Yusmita, M.Ag,  Wadek ll Drs.Supardi, M.Ag , Wadek lll Dr.Toha Andiko, M.Ag dan  Rekanan/Mitra hadir dari Dir.Hotel LATANSA, Kantor Hukum Ana Tasia Pase, kegiatan ini bertujuan untuk melepas mahasiswa yang sudah menyelesaikan Proses Study dikampus dan Dalam rangka silahturahmi antar sesama alumni HES atau muamalah dari berbagai angkatan serta saling berbagi pengalaman mulai dari lingkungan kerja. Jum’at (06/03)

Kegiatan ini dihadiri oleh alumni HES ( Muamalah ) dengan jumlah  33 orang  dan dalam gelaran kegiatan ini mengundang Hartanton, S.HI  sebagai motivator profesional, Dr. Irwan Sitorus perwakilan Akademisi, Adi Homsun alumni yang berfprofesi sebagai usahawan, Ardiansyah S.HI yang bekerja sebagai ASN di Kanwil Agama. Motivator sendiri menyampaikan Sebagai alumni harus berani menjukan existensinya sebagai alumni IAIN yang dipandang sebelah mata oleh publik, sehingga lulusan IAIN selalu terdepan dalam kualitas dan prestasi. Kegiatan ini sekaligus melepas 38 alumni dan pemberian penghargaan kepada Melza Oktarina dengan predikat cumloud IPK 3,89 , Dini Trisiani IPK 3,82 Fitri 3,82

Weri Gusmansyah selaku Kaprodi HES mengungkapkan Sebagai ketua prodi HES  (muamalah) merasa bahagia dan bangga karena mahasiswa bisa dilepas dengan ipk tertinggi cumloud dan bisa berbagi pengalaman dengan para alumni yang hadir. Kedepan akan nada pertemuan akbar yang akan mengundang seluruh alumni HES yang ada di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari berbagai Profesi. Terangnya. (iw,hms)

Gelar Baksos, Dharma Wanita Serahkan Bantuan ke Puluhan Security IAIN Bengkulu

IAIN Bengkulu – Dharma Wanita dibawah kepemimpinan Hj. Asiyah, M.Pd menggelar Bakti Sosial dalam rangka Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama Republik Indonesia ke -74. Kegiatan mulia ini rutin digelar setiap tahunnya oleh dharma wanita. Untuk saat ini bantuan disalurkan kepada Security dan penjaga gedung IAIN Bengkulu, bingkisan sembako ini merupakan sumbangsi dari anggota Dharma wanita. Kamis (09/20)

Menurut Hj. Asiyah, M.Pd, Kegiatan Bakti Sosial  ini rutin digelar setiap tahunnya dalam rangka Hari Amal Bakti ( HAB ) Kementrian Agama RI ke-74. Dan Kegiatan Bakti sosial kali ini yaitu memberikan bantuan berupa bingkisan sembako sejumlah 55 bingkisan dengan target Security dan penjaga gedung. “ kami ( Dharma Wanita, Red ) memang rutin setiap tahunnya menggelar ini, dalam rangka hari amal bakti kementrian agama, dan untuk kali ini kegiatan bakti sosial diisi dengan menyalurkan bantuan sembako kepada security dan penjaga gedung”.jelasnya. Ditambahkan beliau pihak darma wanita biasanya menyerahkan bantuan kepada masyarakat, tapi sengaja untuk kali ini diserahkan kepada internal IAIN Bengkulu agar bantuan bisa dirasakan semua pihak.

Dharma wanita sendiri memiliki anggota 300 orang, yang terdiri dari ibu-ibu yang merupakan pegawai IAIN Bengkulu. Harapan Dharma wanita sendiri dengan adanya kegiatan ini dapat meringankan beban keluarga mereka yang mendapat bantuan ini. (iw,hms)

Pramuka IAIN Bengkulu Ikuti Kegiatan Karya Bakti Pramuka XXII di Sumatera Selatan

IAIN Bengkulu – Pramuka IAIN Bengkulu mengikuti kegiatan Karya Bakti Pramuka (Kartika) XXII yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang di Desa Spantan Jaya Kecamatan Penukai Kabupaten Penukul Provinsi Sumatera Selatan. Pelepasan kontingen dilakukan oleh Ketua Gudep Putra Pramuka IAIN Bengkulu Drs H Rizkan A Rahman M.Pd didampingi pembina Pramuka lainnya, di halaman sanggar Pramuka IAIN Bengkulu, Jumat (26/7/2019).

Dari Pramuka IAIN Bengkulu, diutus 6 peserta dengan 3 pendamping untuk mengikuti .Karya Bakti Pramuka (Kartika) XXII.

Dalam arahannya, Riskan berharap kontingen Pramuka IAIN Bengkulu yang diberangkatkan itu menjaga nama baik dan dapat melakukan pembentukan karakter Kepramukaan dalam hal kepemimpinan, tanggung jawab, ilmu pengetahuan, kecakapan serta meningkatkan kemampuan mental dan fisik guna membentuk karakter yang berintegritas.

Sementara ketua kontingen Azim menjelaskan, kegiatan Karya Bakti Pramuka (Kartika) XXII menggunakan pola yang berbeda dari kegiatan-kegiatan yang pernah dilaksanakan oleh Pramuka, dimana nantinya pada kegiatan ini peserta akan ditempatkan dirumah-rumah penduduk dengan sistem random.

“Artinya dari masing-masing perutusan akan kita sebar sedemikian rupa hingga kita berharap terjadinya pembauran yang harmonis antara peserta dan masyarakat, inilah yang akan menjadi pengalaman tak ternilai bagi kami, dan semoga kami bisa melakukan yang terbaik untuk tetap menjaga nama baik Institut Agama Islam Negeri Bengkulu,” kata Azim.

Kegiatan Karya Bakti Pramuka (Kartika) XXII berdasarkan jadwal akan dimulai dengan regisrasi sejak 24 Juli 2019 dan pelaksanaan hingga 4 Agustus 2019.

(Wln,iwa)

Calon Mahasiswa Jalur UM PTKIN Jalani Wawancara UKT

 

IAIN BENGKULU – Sebanyak 1.087 calon mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu jalur Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Islam Negeri (UM-PTKI) tahun 2019 menjalani wawancara UKT setelah sebelumnya diumumkan kelulusan jalur UM PTKIN oleh panitia pusat.

Pada jalur UM PTKIN tahun 2019 ini IAIN Bengkulu mengalami peningkatan peminat dibanding tahun sebelumnya. Jalur UM PTKIN tahun ini sama dengan tahun sebelumnya yakni menggunakan seleksi masuk berbasis komputer atau CBT (Computer Best Test) dan Tes Tertulis atau PBT (Paper Best Test) dengan mata uji soal IPA, Matematika, IPS, kompetensi dasar bahasa Arab, Inggris dan Indonesia.

Baca juga : http://iainbengkulu.ac.id/index.php/2019/05/28/persaingan-sengit-1-734-tes-masuk-iain-bengkulu-lewat-jalur-um-ptkin/

Wawancara UKT dan penyerahan berkas merupakan syarat wajib yang harus dilalui oleh calon mahasiswa IAIN Bengkulu, dimana sebelumnya telah dibuka daftar ulang secara online dengan mengupload data sesuai dengan petunjuk dari panitia IAIN Bengkulu.

“Daftar ulang dilakukan selama 6 hari mulai dari tanggal 2 sampai dengan 7 Juli 2019, dimana pendaftaran ulang mahasiswa baru IAIN Bengkulu telah menggunakan sistem online di siakad.iainbengkulu.ac.id/pmb”, terang Mamah Rohmah selaku Kabag Akademik dan Kemahasiswa IAIN Bengkulu.

Penyerahan berkas dan wawancara calon mahasiswa jalur UM-PTKIN tahun 2019 dilaksanakan selama 5 hari dengan pembagian program studi sesuai dengan pengumuman yang telah dikelurkan pihak panitia.

Pengumuman penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yakni pada tanggal 15 Juli 2019 dilaman (siakad.iainbengkulu.ac.id/pmb di informasi kelulusan dan besaran UKT). Serta pembayaran UKT dimulai tanggal 16 s.d 19 Juli 2019. Informasi lebih lanjut dapat melalui website www.iainbengkulu.ac.id atau dapat bertanya langsung ke Bagian Akademik dan Kemahasiswaan di Gedung Pelatihan IAIN Bengkulu. (Humas IAIN Bengkulu)

Jurusan PAI FTT Gelar Kegiatan Studium General

Jurusan PAI FTT Gelar Kegiatan Studium General

IAIN Bengkulu – Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Tadris IAIN Bengkulu menggelar Kegiatan Studium General. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Jama’an Nur Pasca Sarjana IAIN Bengkulu,  kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan FTT Dr. Zubaedi, M.Ag.,M.Pd. Senin (20/5).

Kegiatan Studium General  merupakan kegiatan yang sangat positif dalam membangun Integritas sistem pendidikan di IAIN Bengkulu khususnya pada jurusan pendidikan dengan tema  “Paradigma Pendidikan & Guru Profesional Di Era Digital 4.0”. kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui paradigma pendidikan di Era Digital, dalam meningkatkan jiwa profesional keguruan serta menjadikan pendidik zaman sekarang agar dapat lebih memahami arti dari profesional seutuhnya dalam mengemban amanahnya sebagai tenaga pengajar dan pendidikan dalam tugas utamanya yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada usia dini dengan jalur pendidikan yang formal, pendidikan dasar sampai pendidikan menengah.

“semoga melalui kegiatan Studium General ini dapat mengembangkan lagi jiwa profesional dalam bidang keguruan tenaga pengajar untuk melakukan aktivitas mengajar dan membimbing serta mengevaluasi peserta didik pada zaman sekarang.Terang Dekan FTT Dr. Zubaedi, M.Ag.,M.Pd saat menyampaikan sambutannya.

Narasumber di Kegiatan Studium General  ini yaitu Bapak Prof. Dr. Abdullah Idi, M.Ed, turut hadir pada kegiatan  ini beberapa  pejabat IAIN Bengkulu, para dosen dan mahasiswa prodi PAI FTT.

 

#HumasIAINBengkul

#IAINBengkulu

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris, Prodi TBI Gencar Gelar Kegiatan

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris, Prodi TBI Gencar Gelar Kegiatan

 

IAIN Bengkulu – ESCO Alumni Gathering and Inauguration of Esco Organizers 2019, Kegitan ini digelar di Gedung Auditorium IAIN Bengkulu dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Ketua Prodi Bahasa Inggris dan Kabag FTT serta Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Tadris.

Kegiatan ini merupakan wadah bagi mahasiswa Prodi Bahasa Inggris untuk belajar dan mengenal bahasa inggris serta  menjalani silahturahmi antar mahasiswa prodi bahasa inggris.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 dan dihadiri sekitar 300 lebih mahasiswa dari berbagai prodi. Kegiatan Esco ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Tadris, menurut beliau Bahasa inggris sangat penting bagi perkembangan ilmu dimasa depan, sehingga dengan adanya Forum forum serta kegiatan kegiatan yg bertema bahasa inggris menjadi penting untuk diikuti oleh mahasiswa Bahasa Prodi Inggris.

Prodi Bahasa Inggris ditahun 2019 telah memiliki sekitar 525 mahasiswa, Fakultas Tarbiyah dan Tadris sendiri terus berusaha untuk membuat program-program baru terkait peningkatan kualitas bahasa Inggris mahasiswanya. Program yang dimaksud diantaranya kegiatan-kegiatan yang mendukung peningkatan kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa seperti Pertemuan, atau kompetisi Bahasa Inggris

Kegiatan ditutup dengan photo bersama, serta Tanya jawab seputar perkembangan bahasa Inggris kedepan.

Mahasiswa KKN Luar Negeri (Malaysia) IAIN Bengkulu Terbitkan Buku Kumpulan Catatan Perjalanan Pengabdian

IAIN Bengkulu —  Setelah melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Luar Negeri (KKN-LN) pada Agustus 2018, pada Desember ini para peserta program tersebut yang berjumlah 15 orang menerbitkan buku dengan judul Secercah Harapan di Negeri Jiran (Bagian 2). Buku setebal 193 halaman ini berisi 15 bab yang setiap babnya mempunyai cerita yang berbeda- beda dan ditulis berdasarkan pengalaman masing- masing peserta selama menjalani program KKN-LN di Malaysia. Buku yang di editori oleh M. Arif Rahman Hakim, dosen fakultas tarbiyah dan tadris IAIN Bengkulu yang juga sekaligus sebagai salah satu pembimbing di program KKN- LN 2018 ini merupakan seri lanjutan dari buku dengan judul yang sama yang diterbitkan pada tahun lalu oleh para peserta KKN-LN tahun 2017. Namun Arif menambahkan, materi yang disajikan dalam buku bagian kedua ini sangat berbeda karena memang kegiatan yang dijalankan setiap tahun memang berbeda. Arif memberikan salah satu contoh bahwa tahun lalu grup KKN LN IAIN Bengkulu bekerjasama dengan Yayasan Ma’had Tahfidz An Nahdhoh Pulau Pinang, namun tahun ini beberapa kegiatan pengabdian banyak diarahkan ke Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang merupakan lembaga perpanjangan tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia yang bertugas mensosialisasikan dan menyelenggarakan pemilu bagi Warga Negara Indonesia di wilayah Penang, Kedah dan Perlis.

 

“Tidak hanya berbentuk tulisan yang diceritakan dalam bentuk narasi, namun tulisan- tulisan dalam buku ini juga mengangkat beberapa studi kasus yang para penulis temukan pada saat melaksanakan program pengabdian masyarakat selama total 29 hari. Arif mewakili semua penulis berharap agar catatan- catatan ringan ini nantinya dapat berguna bagi masyarakat Indonesia dimanapun berada, baik itu sebagai bahan bacaan, tambahan literatur, ataupun dasar pada pengambilan sebuah keputusan. Semoga buku ini dapat berguna bagi seluruh masyarakat Indonesia”, pungkasnya.

 

Para penulis dalam buku ini yang juga merupakan para peserta KKN LN merupakan mahasiswa yang berasal dari 4 fakultas yang terdapat di IAIN Bengkulu. Mereka adalah Asiatul Hasanah (PGMI), Zainul Mustaqim (BSA), Mirna Guswenti (PAI), Soimah Lailah (PAI), Agustian Rahmadi (TBA), Sara Paramita Sari (BSA), Evi Kasna Sari (PGMI), Mahmudah (HKI), Karunia Kholifah Dini Agustin (TBA), Dimas Rahmat Riyadi (IQT), Redo Januario (SKI), Winda Arumningsih (PBS), Untung Astriaga (HTN), Ria Pradita (BSA) dan Vivi Esty Magfiroh (PBS)

 

Untuk diketahui bersama, selain dipublikasi secara cetak, buku ini juga dapat diakses dan di unduh secara gratis melalui academia ataupun researchgate. Menurut Asiatul Hasanah yang merupakan salah satu penulis dari buku Secercah Harapan di Negeri Jiran (Bagian 2) tujuan dari di onlinekan nya buku ini adalah agar karya mereka juga dapat dibaca oleh seluruh mahasiswa Indonesia yang pernah, sedang ataupun belum melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Selain itu mereka juga ingin berbagi mengenai pengalaman dari pelaksanaan pengabdian dan beberapa informasi mengenai kehidupan masyarakat Indonesia yang ada di Malaysia yang selama ini hanya diketahui melalui media saja.

 

Theme: Overlay by Kaira
PUSKOM IAIN Bengkulu