Keluhkan Kuliah Daring, Mahasiswa : Sebagian Dosen Hanya Memberikan Tugas

IAIN Bengkulu – Sistem perkuliahan online nampaknya merupakan hal baru bagi mahasiswa IAIN Bengkulu, banyak mahasiswa yang mengeluhkan sistem perkuliahan online ini, karena berbagai hambatan yang mereka alami. Mulai dari kesulitan dalam mengakses perkuliahan karena buruknya koneksi jaringan, sehingga hal tersebut menyebabkan para mahasiswa ketinggalan materi perkuliahan. Hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman mengenai materi perkuliahan tersebut. Ditambahkan lagi sebagian Dosen hanya memberikan tugas via Whatsapp. Dekan FTT mengatakan Ini hanya bersifat darurat dan harus dimaklumi, terlebih belum ada sosialisasi utuh terkait daring dan Media yang efektif. Senin ( 23/03)

Seperti yang disebutkan oleh salah satu Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, “Sistem perkuliahan online ini sangat melelahkan, minimnya sarana dalam menjelaskan materi membuat dosen sering memberi tugas, bahkan tugas tersebut harus di kumpulkan secepatnya, sehingga membuat kami kewalahan. Dan sistem yang digunakan oleh dosen kurang efektif, salah satunya via aplikasi WhatsApp dalam bentuk grub, pertanyaan saya sering terabaikan oleh dosen karena banyaknya respon lain dari teman-teman di grub WhatsApp tersebut”. Respon lain dari Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Tadris, ia juga mengeluhkan akan sistem perkuliahan ini, menurutnya hal ini terlalu ribet, karena harus mengetik dengan panjang lebar dahulu saat menjawab pertanyaan, sehingga tidak kondusif “.

Ditambahkan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Tadris Dr.Zubaedi M.Ag.,M.Pd , mengatakan bahwa semua dosen sudah di himbau untuk menggunkan beberapa aplikasi, diantaranya via siakad (e-learning), Google Classroom dan Meeting, Terkait dengan keluhan mahasiswa mengenai ketidak efektifan sistem kuliah online ini, beliau mengatakan memang belum efektif secara maksimal karena bersifat sementara dan Darurat sehingga beberapa dosen belum siap menggunakan sistem perkuliahan Daring ini. Namun, untuk kedepannya akan di sosialisakikan lagi terkait dengan sitem perkuliahan daring ini, agar kedepannya lebih efektif dan maksimal.


Di sisi lain ada juga mahasiswa yang menanggapi bahwa sistem perkuliahan ini memiliki sensasi tersendiri bagi mereka, dan merupakan pengalaman baru yang luar biasa. Karena dari sinilah kita belajar lebih ekstra dan terbiasa untuk membaca serta mendengarkan pendapat orang lain dalam menyampaikan materi perkuliahan. Selain itu, kuliah online ini terbilang santai sehingga mereka bisa sambil melakukan aktifitas lain saat perkuliahan sedang berlangsung.
Namun, terlepas dari itu semua, kebijakan kuliah online yang dikeluarkan oleh pemerintah ini sebagai upaya untuk mencegah serta melindungi kita semua dari wabah virus corona. Oleh sebab itu, kita semua harus mendukung kebijakan ini, dengan mengikuti himbauan sesuai dengan aturan yang telah dikeluarkan. (hms,dva,Sdy)

Theme: Overlay by Kaira
PUSKOM IAIN Bengkulu