Foto Bersama Tim Penilai Rapat Pleno Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

 

IAIN BENGKULU — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu telah mendapat rekomendasi oleh Direktojrat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI untuk beralih status menjadi Universitas Islam Negeri. Rekomendasi disampaikan secara resmi saat rapat pleno yang dipimpin oleh Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Dirjen Pendis Kemenag RIĀ  M . Adib Abdusshomad, M.Ag., MEd., PhD di Jakarta. Senin siang (22/9)

Rapat Pleno dilaksanakan setelah melalui tahapan penilaian oleh tim penilai dari Kementerian Agama RI dan secara resmi IAIN Bengkulu berhasil lolos untuk direkomendasikan menjadi UIN. Adapun sebanya 22 poin penting yang mencerminkan ketersediaan Sarana dan prasana baik fisik, non fisik dan pelayanan akademis secara hyperlink berhasil di presentasikan dan dipertahankan oleh Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH.

“Tahap teknis ini merupakan awal yang penting untuk menuju tahap berikutnya”, terang Rektor IAIN Bengkulu sesaat diumumkan hasil rekomendasi IAIN Bengkulu menjadi UIN di Jakarta.

Beliau menambahkan proses penilaian kualitatif dan kuantitatif disertai diskusi akademisi oleh Tim Penilai yang dipimpin oleh Prof. Dr. Suwito dan Dr. Afrizal selaku Kepala Biro Ortala Kemenag RI dan Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Abdusshomad, PhD.

“Alih Status IAIN Bengkulu menjadi UIN adalah sebuah keniscayaan guna meningkatkan kapasitas akademik yang pada akhirnya dapat mengakomodir minat studi masyarakat Bengkulu”, Terang Kasubdit Kelembagaan dan Kejasama Direjen Pendis Kemenag RI.

beliau menambahkan dari hasil presentasi Rektor IAIN Bengkulu membuktikan IAIN Bengkulu sangat layak untuk meningkatkan statusnya menjadi UIN.

Selain itu, dalam kesempatan ini Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah, MMA juga mengirimkan perwakilannya Ferry MM untuk menyaksikan secara langsung Rapat Pleno sebagaiĀ  bukti dukungan dari Pihak Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam peralihan status IAIN Bengkulu manjadi UIN. (Humas IAIN Bengkulu)

Rektor IAIN Bengkulu saat mempresantikan dalam rapat pleno peralihan status IAIN Bengkulu menjadi UIN.

Rektor IAIN Bengkulu saat mempresantikan dalam rapat pleno peralihan status IAIN Bengkulu menjadi UIN.

Wakil Rektor II dan III IAIN Bengkulu bersama perwakilan Pemprov Bengkulu saat menyaksikan rapat pleno perubahan Status IAIN Bengkulu Menjadi UIN di Jakarta.