IAIN Bengkulu – Kegiatan Bimbingan Teknis dan FGD Outcome Penelitian Dosen IAIN Bengkulu Tahun 2019 yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepala masyatakat di Gedung Pelatihan IAIN Bengkulu yang dihadiiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Samsudin, M.Pd. Ketua LPPM Dr. Mus Mulyadi, M.Pd. Sekretaris LPPM dan Kepala Pusat, Kamis (17/09).

Bimbingan teknis dan FGD Outcome penelitian  merupakan kegiatan dalam rangka meningkatkan keahlian bagi peneliti dalam menkonversi hasil penelitian ke Buku dan jurnal ilmiah terakreditasi baik nasional ataupun internasional. “Ketua LPPM IAIN Bengkulu menjelaskan, sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan pentunjuk teknis penelitian dosen yang dikeluarkan oleh Direktur Jendreral Pendidikan Islam Kemenag RI,  dan dengan perkembangan sistem pelaksanaan penelitian, pelaporan dan tuntutan manfaat dari hasil peneltian, adanya kewajiban keluaran penelitian berupa outcome penelitian itu sendiri. Dijelaskan pula Sejak tahun 2017, keluaran penelitian ditutut  memberikan outcome berupa publikasi artikel hasil penelitian ke jurnal berkala ilmiah, ataupun penerbitan buku hasil penelitian. Kenyataan in membawa pada peningkatan persaingan publikasi hasil penelitian.

Bimtek dan FGD dilaksanakan selama dua hari tanggal 17 dan 20 September 2019 bertempat di Gedung Pelatihan IAIN Bengkulu dibuka langsung  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Samsudin, M.Pd.  dalam sambutannya wakil Rektor mengajak para dosen khususnya yang mendapatkan penelitian agar kiranya dapat menjalankan kewajibannya berupa outcome penelitian. Disamping itu juga lanjut samsudin banyaknya hasil penelitian yang dipublikasikan baik berupa artikel maupun buku hasil penelitian akan menambah kualitas penelitian itu sendiri.

Bimtek dan FGD disi oleh Nara sumber Dr. Uwes Patoni Dosen UNI Sunan Jati Bandung yang juga merupakan Ketua Relawan Jurnal Indonesia (RJI)  Korda  Bandung   dengan materi, Konversi dan Publikasi Hasil Riset ke Artikel Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional. Dr. Suwendi, M.Ag Kasubdit Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat materi dengan materi kebijakan  dan Regulasi Penelitian kemenerian Agama  Dr. Ngainun Niam Ketua LP2M  IAIN Tulung Agung Jawa Timur dengan Materi Konversi hasil Penelitian Ke Buku ISBN, serta Prof. Dr. Istandi , S.T, M.T dari Universitas Diponogoro semarang  Editor In Bulletin of Chemical Realation Engneering & Catalysis) denga materei Cara menilai dan memilih Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi.

Bimtek dikuti oleh 85 orang peserta dosen yang mendapatkan penelitian 2019 Bimtek dan FGD ditutup oleh Ketua LPPM IAIN Bengkulu Dr. Mus Mulyadi, M.pd.(iw/rls)