IAIN Bengkulu – Kegiatan 19th Anniversary dan Keakraban Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang diselenggarakan oleh HMPS Komunikasi Penyiaran Islam  IAIN Bengkulu. Kegiatan ini dihadiri oleh Wadek lll FUAD, Kaprodi KPI, Kajur, Dosen, HMPS, FPCD ( Forum Pemuda Cinta Dakwah ) serta Alumni. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Auditorium IAIN Bengkulu, Sabtu (28/09).

Sekitar 320 peserta hadir dalam kegiatan ini, yang terdiri dari Alumni, mahasiswa baru, dan mahasiswa semester atas. Kegiatan ini dibuka langsung oleh wadek lll, menurut beliau jadikan ajang kegiatan ini menjadi media silahturahim dan menjalin keakraban antar alumni dan mahasiswa.

Menurut Kaprodi KPI Rini Fitria, S.Ag, M.Si, dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan akan menciptakan keakraban antar mahasiwa baru dan juga dapat menjadi ajang silahturahmi yang erat antar alumni, ditambahkan oleh Kaprodi KPI kegiatan ini akan diisi oleh materi-materi yang dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa KPI agar menjadi mahasiswa yang Unggul, Kreatif, dan Komunikatif.

Beberapa materi yang disampaikan oleh pemateri terkait Jurusan Kominikasi Penyiaran Islam, menurut Pemateri yang juga merupakan alumni KPI IAIN Bengkulu, Rini Fitria, bahwa pada dasarnya, KPI adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Namun, karena ada di kampus Islam, namanya ditambah “Penyiaran Islam” sehingga menjadi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Di jurusan ini, mahasiswa dibekali ilmu dan keterampilan berkomunikasi untuk kepentingan syi’ar Islam (dakwah). Penyiaran Islam artinya penyebarluasan pesan-pesan keislaman.

Jika diinggriskan, Penyiaran Islam menjadi Islamic Broadcasting yang bermakna menyiarkan Islam di radio, televisi, dan film serta internet atau lembaga penyiaran Islami (radio, tv, dan film dakwah).

Berdasarkan kurikulum di jurusan KPI, mahasiswa belajar atau mendalami dua hal: Islam dan Komunikasi, yakni mendalami ilmu agama Islam dan keterampilan menyebarkannya melalui media.

Karenanya, mahasiswa KPI tidak hanya mendalami Al-Quran dan Al-Hadits sebagai dua sumber utama ajaran Islam, tapi juga mempelajari keterampilan komunikasi, terutama  jurnalistik dan penyiaran (broadcasting).

Perlu diketahui Prodi KPI telah meluluskan sebanyak 19 angkatan, dan mendominasi mereka sudah bekerja sebagai Jurnalis, Presenter di stasiun Tv Swasta, Penyiar radio, Public relation, serta dibeberapa Instansi Pemerintah dan Swasta. (iw,hms)