IAIN Bengkulu – Jakarta – Annual International Conference on Islamic Studies ( AICIS ) ke -19 Sukses dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Bapak Rudiantara  yang digelar di Hotel Mercure Batavia Jakarta, selasa malam (01/09). Kegiatan ini digelar dari tanggal 1- 4 oktober 2019. AICIS adalah forum kajian keislaman yang diinisiasi kementerian Agama RI sejak 19 tahun lalu. Pertemuan para pemikir Islam sejagat ini menjadi tempat bertemunya para pemangku kepentingan studi Islam yang diharapkan menjadi barometer perkembangan kajian Islam dunia.

Konferensi tahunan ini mengambil tema “Digital Islam, Education and Youth: Changing Landscape of Indonesian Islam”. Pertemuan ini membahas 450 paper dari 1300 yang diseleksi.

Keynote speaker dalam konferensi ini, selain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, ada Peter Mandeville (George Mason University, Virginia USA), Garry R. Bunt (University of Wales), dan Abdul Majid Hakemollahi (ICAS London).

Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag Direktur pada Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam yang mewakili Menteri Agama sebagai Keynote speaker dalam konfrensi AICIS 2019 mengatakan Tahun depan IAIN Bengkulu direncanakan sebagai penyelenggara kegiatan AICIS dan beliau berharap penyelenggaraan AICIS tahun depan yang Insyaallah diselenggarakan di IAIN Bengkulu bisa lebih meriah dan memberikan banyak manfaat bagi civitas akademika perguruan tinggi islam baik negeri maupun swasta.

Ditambahkan oleh Prof. Arskal memang untuk AICIS kedepan dirioritaskan penyelenggaraannya didaerah diluar pulau jawa, dan berharap IAIN Bengkulu siap sebagai tuan rumah penyelenggara AICIS tahun 2020. (iw,hms)