IAIN Bengkulu – Bertempat di Aula Prof. Jama’an nur Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Program Pascasarjana melalui Perpustakaan Pascasarjana, Jumat ( 15/11)  menggelar Kegiatan Orientasi Perpustakaan dan Bimbingan Literasi Informasi bagi seluruh mahasiswa baru program Magister dan Doktor Tahun Akademik 2019/2020 yang diikuti oleh 164 peserta.

Kegiatan ini menghadirkan dua orang Narasumber yaitu Ahmad Irfan, S.Sos.I.,M.Pd.I Kepala Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu yang menyampaikan materi Aturan dan Tata Tertib Perpustakaan IAIN Bengkulu, dan Jurianto, S.Pd.I.,M.Hum yang juga Kepala Perpustakaan IAIN Curup. Penyampaian  materi tentang mengenal dan mengelola sumber informasi ilmiah dengan mudah dan efektif, kegiatan tersebut dipandu oleh moderator Sutriono, S.IPI.,M.Pd.I yang juga Penanggung jawab Perpustakaan Pascasarjana IAIN Bengkulu. Kegiatan ini juga dibuka secara resmi oleh Direktur Pascasarjana  Institut Agama Islam Negeri Bengkulu Prof. Dr. Rohimin, M.Ag.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Rohimin, M.Ag menyinggung tentang pentingnya orientasi dan literasi informasi di era 4.0 ini mengingat Perpustakaan sebagai salah satu sumber informasi akademik  pada saat ini tidak hanya menyediakan informasi manual tercetak saja akan tapi sudah merambah ke virtual dan digital, oleh karenanya skil untuk menghadapi  dan mengeloal informasi  tersebut mutlak harus dikuasai oleh para mahasiswa baik S1 terlebih S2 dan S3.

Sementara itu salah seorang peserta Yaswan Sumantri mahasiswa S2  Prodi Hukum Islam dan beberapa peserta lainya dari prodi Ahlak Filsafat dan Program Doktor meminta agar kegiatan ini dapat ditindak lanjuti dengan kegiatan semacam workshop sehingga kami betul-butul mahir dalam  mengelola sumber-sumber referensi ilmiah ini. “Kami mohon acara ini dapat ditindaklanjuti” demikian ujar Yaswan menyampaikan masukanya saat sesi dialog dan tanya jawab.

Sedangkan  Sutriono, S.IPI.,M.Pd.I selaku pengelola dan pustakawan Madya pada Perpustakaan Pascasarjana IAIN Bengkulu yang juga Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Prop. Bengkulu berharap agar kegiatan Orientasi ini bisa dilakukan setiap tahun dan berkelanjutan, dan sebagai informasi tindaklanjut kegiatan ini perpustakaan Pascasarjana IAIN Bengkulu sudah membuka layanan klinik Online Research Skills (ORS), “Silahkan hubungi kami kapan saja baik pada jam kerja ataupun  diluar jam kerja  kami siap melayani dan belajar bersama, Gratis” Demikian papar Sutriono. (Rls,hms)