IAIN Bengkulu – Keseriusan IAIN Bengkulu dalam peningkatan mutu dan kualitas wawasan serta keilmuan  bukan hanya didalam negeri tapi diluar negeri terus ditingkatkan. Keseriusan ini dibuktikan dengan Penandatanganan MoU antara Djavato Foundation yang merupakan member Unicef di PBB yang bertugas mendistribusikan Mahasiswa Indonesia KKN diluar negeri dan mahasiswa luar negeri yang ingin lakukan pengabdian masayarakat didalam negeri, serta dengan Permai Pulau Pinang Malaysia untuk memperkuat bidang pengabdian masyarakat baik dosen maupun mahasiswa, Projek Kolaboration dan  pembinaan masyarakat Indonesia yang ada di Malaysia. Implementasi penandatanganan MoU ini adalah Pertukaran mahasiswa IAIN Bengkulu dengan mahasiswa diluar negeri .Direktur Djavato, Pembicara dari Republik Ceko dan perwakilan dari Malaysia hadir dalam kegiatan ini. Selasa (26/11)

International Seminar dengan tema “Seizing the International Academic Program Opportunity” kegiatan yang diselenggarakan oleh International Relation Office ( IRO ) yang dihadiri oleh Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin, M. M.Ag.,MH beserta pejabat lainnya yang digelar di Gedung Serba Guna IAIN Bengkulu. Kegiatan Seminar ini sekaligus MoU antara Djavato Foundation  (member of Unicef ) dan Permai Pulang Pinang dengan IAIN Bengkulu. Penandatanganan MoU sendiri merupakan bentuk keseriusan IAIN Bengkulu dalam memperbanyak kerja sama di luar negeri demi peningkatan kualitas wawasan dan keilmuan mahasiswanya .

Menurut Arif Rahman Hakim, selaku Koordinator Bidang Pendidikan dan Lawatan untuk Pertumbuhan Masyarakat Indonesia di Pulau Pinang Malaysia, “Seminar International ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada mahasiswa IAIN Bengkulu bahwa kesempatan bersaing dengan dunia global itu sudah   kita buka, tinggal bagaimana mahasiswa itu sendiri mau atau tidak, pilihannya menjadi penonton atau pemain dan dalam seminar ini berbagai informasi dan kesempatan dalam persaingan tersebut sudah disampaikan, tinggal sekarang bagaimana mahasiswa IAIN memberikan respon cepat untuk segera meningkatkan kualitasnya ilmu dan pengetahuannya diluar negeri”.Terang arif

Penandatanganan  MoU dengan Permai Pulai Pinang sendiri merupakan lanjutan kegiatan yang sudah digelar sejak tahun 2017 dan sekarang hanya memperkuat dengan beberapa tambahan Point MoU terutama dibidang masyarakat baik untuk dosen maupun mahasiswa, Projek Kolaboration serta pembinaan masyarakat Indonesia yang ada di Malaysia. Dalam kata sambutannya Rektor IAIN Bengkulu Prof.Dr.H. SIrajuddin, M. M.Ag.,MH   ingin mahasiswa IAIN tidak hanya berkualitas di dalam kampus tapi dapat meningkatkan kualitasnya dikampus luar negeri sehingga nantinya menjadi pilihan utama masyarakat dalam menentukan pilihan kampusnya nanti. Beliau ingin IAIN melahirkan produk yang berkualitas serta IAIN dapat mencetak generasi pemimpin bangsa . Berfikir kritis yang intelektual. (iw,hms)