Jalankan Tri Dharma, IAIN Bengkulu Komitmen Bina Kemampuan Membaca Al- Qur’an Pekerja Asal Indonesia di Penang, Malaysia

Penang, Malaysia – Sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang berada di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia, sudah menjadi kewajiban IAIN Bengkulu untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pengajaran, peneleitian dan pengabdian sebagai sumbangsih kepada Indonesia melalui program- program yang bersifat positif. Salah satu implementasi dari poin- poin tersebut diwujudkan dalam program pembinaan bacaan dan hafalan Al Qur’an bagi para pekerja asal Indonesia yang ada di Penang Malaysia. (27/12)

Program yang di selenggarakan oleh Permai Penang, RQV Indonesia dan IAIN Bengkulu ini telah di ikuti sekitar 60 WNI yang ada di Penang Malaysia sejak 4 bulan yang lalu. Sebagai bentuk keseriusan IAIN Bengkulu dalam pembinaan program ini, pada 22 Desember 2019, IAIN Bengkulu mengirimkan delegasinya sebanyak 7 orang yang terdiri dari Wakil Rektor 2, Dekan Fakultas Tarbiyah & Tadris, Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab & Dakwah, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam, Kepala Lembaga Penjamin Mutu dan Direktur Pusat Ma’had Al Jamiah untuk memberikan motivasi dan pelatihan singkat terkait metode pembelajaran membaca dan menghafal Al Qur’an kepada para peserta program.

Di akhir kegiatan, IAIN Bengkulu yang diwakili oleh Direktur pusat Ma’had Al Jamiah IAIN Bengkulu Dr. H. M. Nasron, M. Pd.I menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) bersama Khozaeni bin Rahmad (Timbalan pengerusi Permai Penang) dalam rangka komitmen pembinaan program Qur’an Academy ini. Dalam sambutannya, Pihak Permai Penang Malaysia sangat mengapresiasi respon IAIN Bengkulu yang berkomitmen bekerjasama dalam program pembinaan ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri. Mereka berharap kedepannya langkah- langkah innovatif ini akan dapat menginspirasi universitas- universitas lain di Indonesia. (rls)

Theme: Overlay by Kaira
PUSKOM IAIN Bengkulu