IAIN Bengkulu – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Bengkulu membuka kegiatan awal tahun dengan melaksanakan FGD Peningkatan Kualitas Out Come Penelitian dengan menghadirkan pemateri tunggal Prof. Irwan Abdullah. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Aula Rektorat IAIN Bengkulu. Rektor IAIN Bengkulu Prof.Dr.H.Sirajuddin, M.,M.Ag.,MH beserta Wakil Rektor dan Dosen Peneliti Tahun 2020 Serta Pengelola Jurnal di lingkungan IAIN Bengkulu hadir dalam gelaran ini. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian kampus terhadap pembangunan kualitas peneliti dalam menghadapi tuntutan luaran hasil penelitian, mengingat hasil penelitian dalam bentuk artikel jurnal terakreditasi secara nasional dan terindeks secara internasional menjadi kewajiban pasca kegiatan penelitian. Kamis (16/20)

 

Dalam kata sambutan Rektor IAIN Bengkulu menyampaikan bahwa IAIN Bengkulu terus melakukan peningkatan kualitas, pelaksanaan proses akreditasi dilaksanakan sebagai persiapan alih status menuju UIN, dan salah satu hal penting adalah peningkatan kualitas hasil penelitian, dimana diharapkan segala pihak berkolaborasi dan bekerjasama untuk hal tersebut.

Sementara dalam menyampaikan materi prof. Irwan menyampaikan, ” dalam menulis proposal harus memperhatikan hal-hal mendasar, latar belakang, rumusan masalah dan penyusunan kerangkan teori yang mendukung operasional penelitian. Dalam kerangka teori bukan hanya mengumpulkan banyak teori tanpa tindak lanjut, menyelesaikan penelitian dengan satu teori itu sudah cukup, teori-teori lain hanya menguatkan yang didukung dengan konsep-konsep.”

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dan diikuti dengan antusias oleh para peserta yang terdiri dari 62 orang dosen dan peneliti, serta pengelola jurnal. Ketua LPPM Dr. Mus Mulyadi senada menyampaikan ” peningkatan kualitas artikel merupakan hal penting dimana saat ini merupakan era global yang menuntut kesediaan penelitian berbasis data”. (rls,hms)