IAIN Bengkulu – Kegiatan Student Exchange  atau Pertukaran Mahasiswa  yang merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama antara Rektor Universiti Sains Malaysia ( USM ) dan Rektor IAIN Bengkulu ditahun 2018 lalu sudah ditindak lanjuti, IAIN Bengkulu mengutus mahasiswanya untuk kuliah di USM selama 6 bulan ( 1 semester). Mereka akan mengikuti perkuliahan seperti biasanya bersama mahasiswa dari 27  negara yaitu Eropa, Asia dan Afrika. M. Arif Rahman Hakim yang merupakan dosen IAIN Bengkulu yang sedang melakukan Studi belajar disana ditunjuk langsung sebagai Pendamping selama mereka kuliah di Malaysia. Ini merupakan mimpi Rektor IAIN Bengkulu sejak lama untuk peningkatan Mutu dan kualitas Mahasiswa IAIN Bengkulu serta lembaga. Untuk pendanaan pihak USM memberikan beasiswa SPP selama mereka kuliah disana dan sebagian dari beasiswa IAIN Bengkulu. Kegiatan Student Exchange merupakan perdana di PTKI dan Perguruan Tinggi di Bengkulu. Selasa (28/20)

Dalam kata sambutannya Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin, M.,M.Ag.,MH saat menghadiri Pelepasan Student Exchange di ruangan rapat Pimpinan IAIN Bengkulu mengatakan, ini merupakan mimpinya sejak lama, untuk peningkatan mutu dan kualitas mahasiswa dan lembaga, dan rektor berharap agar mereka yang terpilih dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya. “ ini merupakan mimpi saya sejak lama, menginginkan ada mahasiswa kita ( IAIN Bengkulu,red) kuliah diluar Negeri, dan alhamdulilah tercapai”. Terang rektor dengan penuh rasa bahagia.

Di lain waktu Wakil Rektor l  Dr. Samsudin, M.Pd mengatakan Student Exchange ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama antara Rektor IAIN Bengkulu dengan Rektor USM pada tahun 2018 lalu, dan mahasiswa IAIN nantinya akan menjalankan perkuliahan sama dengan mahasiswa lainnya disana, dan Wakil rektor l berharap nantinya kegiatan seperti ini akan berlanjut dan akan menaikan mutu dan kulitas lembaga serta mahasiswa.

Arif Rahman Hakim selaku pendamping yang sedang mengikuti kegiatan belajar disana mengatakan Mahasiswa IAIN Bengkulu yang terpilih dalam program Studenx Exchange dan Transfer Program di USM akan mengikuti perkuliahan selama 1 semester dan nanti akan di konversi untuk program kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) dan serta Praktek Kerja Lapangan ( PKL ). Dan nanti selama 1 semester mereka akan mengikuti perkuliahan seperti biasanya serta bersama mahasiswa yang juga berasal dari Negara-negara dari luar yang berjumlah sekitar 27 negara. (iw,hms)