Menu Close

IAIN Bengkulu Ikuti Raker Kehumasan, Pertemuan Dema dan Sema PTKIN 2019

 

IAIN BENGKULU – Pada perhelatan PIONIR IX tahun 2019 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) juga menggelar Rapat Kerja (Raker) Kehumasan dan pertemuan DEMA dan SEMA Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau PTKIN seluruh Indonesia dimulai ditandai dengan pembukaan PIONIR IX oleh Menteri Agama Senin Malam. Senin (15/7).

Raker Forum kehumasan PTKIN merupakan forum untuk membahas berbagai peranan humas di lingkungan dan wilayah kerja di satuan kerja masing-masing sedang pertemuan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) di tingkat Universitas adalah organisasi mahasiswa tertinggi. Seluruh Ketua DEMA-SEMA di PTKIN diundang oleh Arskal Salim GP Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Dijen Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Para pimpinan mahasiswa tersebut juga diminta untuk memenuhi persyaratan untuk menunjang esensi pertemuan. Di antaranya, menulis essai dengan 4 tema yang sudah ditentukan sesuai pengelompokan PTKIN. Berdasarkan surat undangan Nomor: B-1904.1/DJ.I/Dt.I.III/HM.01/06/2019, karya peserta nantinya akan dijadikan bahan panel diskusi dan diterbitkan jika memungkinkan.

Event prestisius dua tahunan ini dibuka oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin pada Senin malam tadi. Dengan mengusung tema Spirit of Unity, diharapkan adanya suasana silaturrahim untuk merajut tenun kebangsaan antara PTKIN se-Indonesia.

Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin mengatakan PIONIR IX 2019 digelar agar diantara anak bangsa saling mempererat tali silaturahim kebangsaan dan memperteguh persatuan antar PTKIN se-Indonesia.

“PIONIR diharapkan berkontribusi bagi kemajuan prestasi akademik, olahraga, dan seni serta media mencari bibit-bibit unggul dalam kancah nasional,” tutur Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin.

PIONIR IX yang digelar di UIN Malang kali ini melibatkan para aktivis atau Ketua DEMA dan SEMA PTKIN seluruh Indonesia. Ini adalah pertama kali diagendakan di PIONIR IX. (Humas IAIN Bengkulu)