IAIN BENGKULU – Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Mandiri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu diikuti sebanyak 1.301 peserta. Pada hari pelaksanaan tes peserta mengerjakan tes tertulis yang telah disiapkan panitia dan keesokan harinya dilanjutkan dengan tes membaca Al-Qur’an dan wawancara. Selasa (23/7)

Sebelumnya IAIN Bengkulu telah membuka dua jalur yakni SPAN dan UM PTKIN, dimana dua jalur tersebut telah diumumkan dan telah melakukan daftar ulang sebagai mahasiswa IAIN Bengkulu tahun 2019.

“Jalur Mandiri ini merupakan jalur Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2019 yang di buka langsung oleh IAIN Bengkulu, dimana jalur mandiri ini adalah jalur terakhir dan sebagai jalur yang akan mengisi sisa kuota PMB IAIN Bengkulu tahun 2019”, terang Wakil Rektor III Dr. Samsudin, M.Pd saat ditemui awak media.

Beliau juga menambahkan tes PMB jalur Mandiri dilaksanakan menyesuaikan standar nasional sehingga mahasiswa yang diterima sesuai dengan standar penerimaan mahasiswa baru PTKIN. Dari tahun sebelumnya tahun 2019 ini peminat yang memilih IAIN Bengkulu sebagai jenjang pendidikan tinggi meningkat, membuktikan bahwa IAIN Bengkulu telah banyak dilirik dan diminati oleh masyarakat.

“Alhamdulillah setiap tahun IAIN Bengkulu terus mengalami peningkatan peminat untuk masuk kesini. Tetapi untuk saat ini IAIN Bengkulu masih belum menambah kuota mahasiswanya karena terkendala fasilitas sarana dan prasarana yang ada”, tambahnya.

Mengingat IAIN Bengkulu akan segera beralih status menjadi UIN, hal tersebut akan berdampak positif kepada masyarakat yang ingin melanjutkan ke Pendidikan Tinggi Islam karena sudah pasti akan ada jurusan baru serta penambahan kuota mahasiswa baru kedepan. (Humas IAIN Bengkulu).

Peserta PMB Mandiri saat menjalani tes tertulis.

Ketua Panitia PMB Mandiri IAIN Bengkulu menyerahkan secara simbolis berkas ujian tes tertulis kepada Koordinator Pengawas

Koordinator Pengawas menyerahkan berkas tes tertulis kepada Panitia PMB Mandiri 2019

Panitia PMB Mandiri Menyerahkan Berkas tes tertulis kepada Koordinator pemeriksa LJU