Menu Close

IAIN Bengkulu Selenggarakan KKN Dari Rumah

IAIN Bengkulu–Tahun 2020 IAIN Bengkulu akan menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR), hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Dirjen Pendis nomor B-173/DJ.I/TL 00/04/2020. KKN-DR diselenggarakan hanya dimasa Pandemi Covid-19, untuk menghindari penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Sebagai langkah pencegahan kementrian membuat kebijakan segala aktifitas Akademik dilingkungan Perguruan Tinggi berbasis jaringan. Berikut hasil wawancara dengan Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat sekaligus ketua Panitia KKN-DR, Bapak Dr. Rahmat Ramdhani, M.Sos.I. Selasa (12/08)

Defenisi KKN-DR?

KKN-DR adalah pengabdian mahasiswa secara individu dari rumah dengan bimbingan dari DPL serta pengawasan dari panitia.

Bagaimana bentuk kegiatan KKN-DR?

Ada 3 bentuk kegiatan KKN-DR yaitu: bidang ibadah, bidang sanitasi lingkungan dan bidang akademik. Dalam pelaksanaan dan tehnis operasionalnya nanti mahasiswa akan dibimbing langsung oleh DPL.

Pada hakikatnya konsep KKN-DR menyerupai KKN di masyarakat, hanya saja objek pengabdiannya adalah keluarga kita sendiri.  Kalo di masyarakat mahasiswa menjadi imam, muadzin dan mengajar ngaji di TPQ, nah kalo KKN-DR mahasiswa menjadi imam, mengajar ngaji bagi keluarganya masing-masing. Kalo di masyarakat mahasiswa bersih-bersih masjid, makam dan kantor desa, nah kalo KK-DR mahasiswa lebih peduli dengan kebersihan lingkungan rumahnya. Begitu juga di bidang akademik, kami berharap mahasiswa tetap produktif membuat karya tulis ilmiah selama KKN-DR.

Berapa lama pelaksanaan KKN-DR?

KKN-DR dilaksankan selama 30 hari kalender pada bulan Juli 2020. Waktu ini kita tetapkan karena masa liburan sesemeter, jadi mahasiswa bisa fokus KKN.

Mekanisme pelaksanaan KKN-DR?

Semua rangkaian kegiatan sudah berbasis on-line, mulai dari pendaftaran, pembekalan, pelaksanaan sampai pada pelaporan. Disamping menggunakan media sosial, kita mendukung agar aplikasi SIAKAD lebih optimal dalam pelayanan akademik, termasuk pelaksanaan KKN.

Closing statement?

Sebagai ketua panitia saya berharap dengan KKN-DR ini mahasiswa bisa menjalankan pengabdian diri bersama keluarga, peduli lingkungan dan produktif secara akademik. Disamping itu pelaksanaan KKN-DR merupakan wujud kongkrit mahasiswa dalam menekan penyebaran wabah Covid-19. (rls,iw)