Menu Close

KKN PKP, Lahan IAIN akan Dipenuhi Sayuran dan Perikanan

IAIN Bengkulu – 21 Komoditi akan di budidayakan di lahan pertanian KKN PKP ( Perkebunan dan Ketahanan Pangan) yang terletak didepan gedung asrama putra IAIN Bengkulu, lebih dari 2 hektar lahan akan ditanam berbagai jenis sayuran dan tanaman palawija seperti ubi-ubian serta jagung, tidak hanya sayuran dan tanaman palawija, jenis perikanan pun di programkan dalam kegiatan KKN PKP ini. Budidaya prikanan ditempatkan di lahan samping asrama putri IAIN Bengkulu. Jenis ikan yang dibudidayakan diantaranya lele dan nila. Waktu pelaksanaan KKN PKP ini yaitu selama 2 bulan yang diikuti 1500 lebih mahasiswa yang dibagi menjadi 40 kelompok, proses penanaman sampai panen akan didampingi oleh penyuluh dari dinas pertanian kota. Kamis (17/07)

Menurut Dr. Ramdani, M.Sos.I setiap kelompok akan didampingi 1 orang penyuluh, agar nanti dalam proses tanam tumbuh dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Pada proses KKN PKP (Perkebunan dan Ketahanan Pangan) ini akan dilaksanakan sampai pada proses panen, tim penyuluh yang mengawal setiap kelompok KKN PKP sudah memiliki pengalaman baik dari sisi Teknis tanam tumbuh, SOP sudah mereka miliki dan terapkan kepada setiap kelompok, sehingga kesalahan dari penanaman dan pemeliharaan sampai panen kecil kemungkinan gagal.

Bibit akan disuplai dari dinas pertanian kota dan juga berasal dari kampus, serta pupuk sudah terlihat berada dilokasi lahan, sedangkan bibit secara bertahap akan disuplai, sejak hari pertama dimulainya KKN PKP sudah terlihat mahasiswa KKN PKP berada dilokasi lahan untuk pengelolaan lahan. Sejak hari pertama mahasiswa sudah mulai melakukan penebasan lahan, pemupukan, pembuatan pondok serta pengemburan lahan tanam. (iw,hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *