Menu Close

Lepas KKN PKP, Rektor : KKN Kali ini Lebih Produktif

IAIN Bengkulu – Rektor IAIN Bengkulu Prof.Dr.H. Sirajuddin, M.,M.Ag.,MH melepas Kuliah Kerja Nyata (KKN) Perikanan dan Ketahanan Pangan (PKP) di lahan IAIN Bengkulu samping Gedung asrama putri IAIN Bengkulu. Saat membuka kegiatan pelepasan KKN PKP rektor mengatakan KKN PKP lebih produktif dari KKN sebelumnya, sehingga dengan kondisi lahan yang memungkinkan untuk pertanian dan prikanan, KKN PKP bisa diterapkan untuk KKN tahun depan dengan lebih optimal. Ditambahkan rektor dalam persiapan alih status IAIN menjadi UIN yang Insya Allah bulan agustus, KKN PKP bisa menghasilkan income bagi lembaga. Senin (20/07)

Menurut Rektor, ada hikmah dibalik Pandemi covid-19 ini, dikarenakan lahan tidur yang selama ini tidak dipergunakan, dengan adanya KKN PKP ini, lahan tidur yang sangat luas dapat dipergunakan sebagai lahan pertanian dan perikanan. Selain bisa lebih produktif pengetahuan mahasiswa dapat bertambah, sehingga nanti setelah lepas dari IAIN Bengkulu dan berada ditengah masyarakat, mahasiswa IAIN tidak hanya ahli dalam ilmu akademik dan agama, tapi juga ahli dalam pertanian dan prikanan, ungkap rektor.

Selain sayuran dan palawija, 20000 bibit ikan lele dilepas di kolam lahan IAIN Bengkulu yang terletak di depan asrama putri. Menurut Mus Mulyadi, S.Ag.,M.Pd selaku ketua LPPM  KKN tahun ini memang beda dari sebelumnya karena masa covid-19 ini kita dilarang untuk mengadakan kegiatan diluar daerah dan  sesuai dengan arahan rektor, kita di sarankan untuk memanfaatkan lahan yang ada di IAIN Bengkulu, dan dilihat dari struktur air yang ada, ikan lele adalah jenis ikan yang cocok di budidayakan dikolam ini dan bibit ikan lele ini dibagi 2000 bibit perkelompok, total kelompok prikanan ini yaitu 10 kelompok, teknis dalam pemeliharaannya, setiap kelompok yang telah terjadwal dalam piket harian harus memantau setiap perkembangan bibit ikan lele, dan setiap kelompok dibina oleh 1 orang DPL, sehingga mahasiswa benar-benar profesional dalam pemeliharaan benih ikan lele ini.

Tarzan Zani, Penyuluh Perikanan Dinas Kelautan dan Prikanan Kota Bengkulu mengatakan dengan posisi lahan yang ada di IAIN Bengkulu sangat potensial sekalin jika KKN PKP ini diterapkan setiap tahunnya, selain lebih produktif mahasiswa juga dapat menambah ilmu dibidang prikanan dan perkebunan, dan selain itu juga dapat  membantu kota Bengkulu dalam program ketahanan pangan.

Ditargetkan 2 bulan budidaya ikan lele ini sudah masuk dalam masa panen, dan nanti ikan lele ini rencananya akan dibagi kepada masyarakat yang kurang mampu dan sebagian lagi dibagikan kepada mahasiswa dan pegawai IAIN Bengkulu. (iw,hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *