Menu Close

Mahasiswa IAIN Bengkulu, Terpilih Sebagai Duta Genre Provinsi Bengkulu 2020

IAIN Bengkulu – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu menggelar acara Malam Penganugerahan Apresiasi Duta GenRe dan GenRe Awards Provinsi Bengkulu Tahun 2020 di Grage Hotel Bengkulu, Sabtu (15/8) malam.

Pemilihan Duta GenRe ini ditujukan agar sosialisasi dan promosi program GenRe di lingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sehingga menjadi ramah remaja. Setiap tahunnya, kegiatan ini telah banyak melahirkan remaja-remaja yang tidak hanya mampu menjadi role model bagi teman sebayanya, tetapi juga menjadi remaja yang sukses dalam karir dan kehidupan.

Muhammad Polem, mahasiswa PAI IAIN Bengkulu, berhasil meraih juara 3 dalam ajang pemilihan duta Genre Provinsi Bengkulu tahun 2020. Menurut polem sebagai duta genRe ada amanah besar yang harus diemban, karena pada hakikatnya duta genRe itu adalah role model / contohnya para remaja, harapan besar semoga saya dan teman-teman duta lainnya dapat menginspirasi para remaja lainnya, terutama dalam menghindari TRIAD KRR (tiga permasalahan remaja, yaitu pernikahan dini, seks bebas, dan Napza) terang polem via Whatsapp.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Ir. Rusman Efendi MM berpesan, bagi para peserta yang menjadi juara agar jangan dijadikan tujuan akhir dari perjuangan, tetapi harus terus bergerak, berdaya, berkolaborasi dalam karya dengan motto “Setahun menjabat seumur hidup menginspirasi”.

“Para Duta Genre juga diharapkan harus bisa menjadi role model bagi remaja lainnya, untuk bisa membentengi dirinya dari dampak teknologi informasi dan Duta GenRe juga harus menjadi tauladan dalam upaya menjadi calon pemimpin yang menjaga keberagaman dan toleransi,” ujarnya dalam acara Malam Final Pemilihan Duta GenRe.

Rusman menambahkan bahwa melalui Program GenRe, remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja (Five Life Transitions), yaitu (1) melanjutkan sekolah (continue learning), (2) mencari pekerjaan (start working), (3) memulai kehidupan berkeluarga (form families); (4) menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship) dan (5) mempratikkan hidup sehat (practice healthy life).

Walaupun dimasa pandemi mahasiswa IAIN Bengkulu tetap terus berkarya dan berprestasi, mereka terus belajar dan tak berhenti mengembangkan potensi diri walau tetap menyesuaikan kondisi saat ini. ( rls,hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *