Menu Close

Mahasiswa Prodi IPA Sukses Rebut Tiga Medali OSN Tingkat Nasional

IAIN Bengkulu – Nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu kian diperhitungkan dikanca Nasioal dan International, kesuksesan ini tidak lepas dari prestasi Mahasiswanya yang kian gemilang mulai dari tingkat nasioal maupun international, kali ini mahasiswa dari Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) IAIN Bengkulu sukses merebut tiga medali dalam Olimpiade Sains Tingkat Nasional tahun 2020 yaitu Fadilah Maharani, Yesy Afriansari dan Nia Prihatiningsih, mereka adalah Mahasiswa prodi tadris IPA semester 5. Selasa (23/02)

Nia Prihatiningsih salah satu peraih medali mengatakan, persiapan sudah dilakuakn sejak lama, dan sebelum dilombakan sudah diberikan kisi kisi soal. Dengan persiapan dan belajar yang giat serta Doa, Alhamdulillah kami sukses merebut 2 medali perungu dan 1 medali perak. Nia juga mengatakan dia tidak ingin prestasi ini menjadi prestasi yang pertama dan terakhir, akan banyak prestasi-prestasi lain dalam setiap kompetisi baik nasional maupun international akan mereka ikuti. “ nia tidak ingin ini akan menjadi prestasi pertama dan terakhir, karena nian bertekat akan terus mengembangkan kemampuan agar menjadi juara dalam setiap kompetisi”. Ujar nia

Abdul Aziz, M.Pd.i Kaprodi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merasa Bangga atas capaian prestasi yang diraih oleh ke tiga mahasiswanya, dan berharap prestasi ini tidak hanya sampai disini, tapi harus lebih banyak lagi, dengan kemampuan yang ada. Menurut aziz, dimasa pandemi ini, kita juga dituntut untuk tetap aktif dan produktif baik dari sisi prestasi maupun kegiatan akademik.

Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) tingkat nasional diselenggarakan setiap tahun, dalam pelatihan tersebut terdapat 50 butir soal yang dikompetisikan, dengan waktu menjawab selama 120 menit atau 2 jam, dan ada beberapa cabang lomba yang diikut sertakan dalam kegiatan ini, yaitu  Bidang astronomi, fisika, kimia, matematika, dan bahasa inggris.

Untuk peserta hampir semua sekolah sampai perguruan tinggi mengikuti ajang ini, dari bidang Biologi saja persertanya mencapai 2500 orang. ( iw,hms)

Leave a Reply