Menu Close

Mahasiswa IAIN Bengkulu Sukses Budidaya Lele

IAIN Bengkulu – Mahasiswa IAIN Bengkulu berhasil budidaya ikan lele sebanyak 7 ton. Budidaya ikan lele juga berhasil membuat mahasiswa iain lebih mandiri dan siap menciptakan lapangan kerja baru.  Sabtu (28/08)

Menurut kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Bengkulu Dr. Mus Mulyadi M.Ag, M.Pd, keberhasilan budidaya lele diperoleh dari hasil Kuliah Kerja Nyata Berbasis Perikanan dan Ketahanan Pangan (KKN PKP) yang dilaksanakan Proiode Juni hingga Agustus 2021.

“Alhamdulillah kami telah berhasil membimbing mahasiswa yang didukung oleh segenap pimpinan dan penyuluh Pertanian Kota Bengkulu yang selama ini telah mendampingi mahasiswa selama KKN PKP”. Ujarnya

Mus menceritakan , pada awalnya KKN PKP ini dilaksanakan pada awal Juni 2021 hingga bulan Agustus 2021, menurut Mus, bibit yang ditebar sebanyak 1500 ekor perkelompok. Ada 70 kelompk mahasiswa KKN PKP yang berisikan 12 mahasiswa.

Untuk memotivasi mahasiswa, LPPM memberikan bantuan bibit dan pakan ikan. Agar mahasiswa benar-benar berorientasi bisnis, tidak semua pakan ikan dibantu oleh LPPM. Ini dilakukan agar mereka mencari sumberdana secara mandiri. Untuk  metode budidaya mereka gunakan pemeliharaan ikan didalam Waring seukuran 3×5 meter pada kolam di kampus. Untuk masa pemeliharan selama 2 bulan dari awal Juni 2021 hingga Agustus 2021. Kegiatan KKN PKP di damping oleh Dosen DPL dan Penyuluh dari Kota Bengkulu

Plt Rektor IAIN Bengkulu, Dr. KH. Zuldali, M.Pd saat menutup KKN PKP mengatakan, Alhamdulillah mahasiswa IAIN Bengkulu telah berhasil dalam pembudidaya ikan lele, ini membuktikan bahwa IAIN Bengkulu bermutu dan berkualitas, karena baik dari sisi Akademik, mereka banyak berprestasi, dari sisi Keagamaan, sudah tidak di ragukan lagi, karena memang keilmuan kita berbasis Agama, dan saat ini IAIN Bengkulu membuktikan bahwa dari sisi Kewirausahaan mahasiswa IAIN Bengkulu bisa sukses membudidaya ikan lele dan bisa  panen lebih dari 7 ton. Dan program ini selaras dengan program  pemerintah daerah untuk menciptakan lapangan kerja baru.

Hasil panen raya ini akan di distribusikan ke Panti asuhan, pondok pesantren, pegawai IAIN Bengkulu dan warga sekitar. (iw,hms)

Leave a Reply