Menu Close

Pascasarjana UINFAS Bengkulu Adakan “Capacity Building”

UINFAS Bengkulu – Dalam rangka refleksi akhir tahun, Pascasarjan UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu mengadakan kegiatan Capacity Building dengan mengusung tema “Membangun team work reformis menuju kinerja unggul”. Moment ini dijadikan sebagai wadah evaluasi bagi civitas akademika Pascasarjana . kamis (23/12/2021)

Melalui kegiatan ini diharapkan team work reformis dapat diwujudkan  Menjadi team yang mampu mendorong dan menjadi role model serta melakukan inovasi dan perubahan,  Mulai dari aspek keorganisasian, ketatalaksanaan hingga sumber daya manusia. Dengan demikian kinerja unggul dan layanan prima pada unit pascasarjana semakin meningkat. ujar Prof. Rohimin, Direktur Pascasarjana dalam sambutannya.

Rangkaian kegiatan capacity building diawali dengan pengarahan dari direktur dan dilanjutkan dengan pemaparan tentang agen perubahan. Agen tidak hanya sebagai individu yang dinilai menjadi agen dan model perubahan,  Melainkan sebagai pihak yang mampu memberikan pengaruh positif, mulai dari mindset hingga motivasi kerja.

Dalam pemaparannya Ahmad Syarifin agen perubahan pascasarjana menyampaikan bahwa perubahan beranjak dari kesadaran kritis, kesadaran terhadap potensi diri dan lingkungan. Kesadaran terhadap permasalahan dan potensi penyelesaiannya. Hal inilah yang menjadi dasar perubahan mindset dan peningkatan etos kerja.

Pada sesi outbond, peserta capacity building diberikan treatmen permainan air “semi water tubbing”. Permainan ini bertujuan untuk membangun kekompakan team work, mendorong peserta untuk saling memahami, saling menolong dan saling menguatkan. Masing-masing kelompok memiliki persoalan dan kendala sendiri, hal ini berarti harus diselesaikan dengan cara masing-masing pula, ujar Erik, salah satu peserta.

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari bertempat di Desa Wisata Rindu Hati Bengkulu Tengah. Hadir juga dalam kegiatan ini ketua prodi Hukum Keluarga Islam , Aqidah dan Filsagat Islam, Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Kemudian dosen-dosen pascarjana, Nurlaili, Zulkarnain S dan Suhirman. Kedepan kegiatan ini diharapkan menjadi agenda tahunan, capacity building memiliki muatan positif untuk menguatkan personality dan team, tegas Zulkarnain.

Diakhir kegiatan Martini selaku kasubag umum menegaskan bahwa pascasarjana sebagai unit akademik berfungsi mengembangkan ilmu pengetahuan. Dalam proses ini terus berkomitmen memberikan layanan prima dan selalu berupaya memperkuat team work untuk menuju kinerja yang unggul. Kedepan kegiatan ini akan dikembangkan dalam bentuk yang lebih luas dan diharapkan dukungan dari lembaga, tegasnya. (iw,hms)

Leave a Reply